Cuma segelas kopi yang bercerita kepadaku bahwa yang hitam tak selalu kotor dan yang pahit tak selalu menyedihkan~ dee lestari
Kopi menjadi tren baru untuk anak muda saat ini. Meski, minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala dan identik hanya sebagai minuman harian orangtua. Namun, seiring berubahnya zaman, pengusaha warung kopi berkonsep kafe seperti yang ada di barat mulai menjamur di Indonesia sehingga minum kopi menjadi familiar sebagai minuman semua orang tanpa memandang usia.

Kopi tak pernah memilih siapa yang layak menikmatinya. Karena di hadapan kopi, kita semua sama. ~ dalam buku filosofi kopi

Apalagi tanah ibu pertiwi ini menjadi salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Dikutip dari website banceeloncaffe bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia.  Tidak  heran  kopi buatan  Indonesia  tidak  hanya  dikenal  di  negeri sendiri, namun sudah terkenal hingga ke mancanegara.


Pada tahun 2012 saja, permintaan kopi dalam negeri telah mencapai lebih dari 250 ribu ton. Segmen bisnis kedai kopi pun selalu tumbuh lebih dari 10% dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini menandakan bahwa bisnis kedai kopi memiliki potensi untuk dimasuki oleh para pelaku usaha dengan indikasi produksi yang baik dan banyak kemudian didukung dengan konsumen yang tepat.

9 provinsi  intensifikasi  kopi 

  • Kopi arabika  diantaranya  : Jawa  Timur, Jawa  Barat,  Aceh,  Sumatera  Utara,  Sumatera  Barat,  Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua.
  • kopi  robusta  terdapat  di  10  provinsi  meliputi  :  Jawa  Tengah, Aceh,  Sumatera  Selatan,  Lampung,  Sulawesi  Tengah,  Sulawesi  Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu dan Sulawesi Barat.
Sumber: pinterest

Dari sekian provinsi di atas, penghasil  kopi terkenal  di Indonesia  adalah  Bengkulu.  Kopi Bengkulu  ditanam pada ketinggian  700 – 1.500 Mdpl dan memiliki cita rasa aroma buah seperti lemon, cokelat dan herba yang khas. Kopi ini dihasilkan oleh petani di daerah Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan beberapa daerah lainnya.   Kopi Bengkulu dibudidayakan oleh masyarakat secara organik, sehingga taste rasanya unik,  nikmat,  aromanya  khas  dan  tentunya  menyehatkan  karena  dipelihara secara organic.

Kedai kopi sebagai industri bisnis kekinian
kedai kopi berasal dari bahasa Perancis, yaitu cafe artinya kopi. Saat ini menjadi bisnis yang tak lekang oleh zaman karena memiliki peluang yang cukup potensial. Didukung dengan adaptifnya anak muda dengan zaman digital sehingga mampu membuat perubahan konsep gerai yang unik dan instagramable juga penyajian dan pengemasan kekinian oleh seorang barista yang sangat kreatif dengan beragam metode mulai dari espresso hingga manual brewing (teknik seduh). Untuk itu melahirkan pemuda berbakat dalam penyajian kopi tentu harus melewati proses menempa keilmuan yang cukup.
Berikut beragam jenis kopi kekinian.
  • Untuk seduh manual
- single origin
- blend
  • Untuk espresso
- espresso murni (ekstrak biji kopi) terdiri dari ristretto dan lungo.
- espresso campuran.
Sementara espresso campuran punya banyak turunan seperti pada gambar di bawah ini.

Sumber: pinterest

Menjamurnya kedai kopi kekinian atau bahasa trendinya coffe shop menjadi lifestyle anak muda saat ini yang berfungsi sebagai pusat interaksi sosial (meeting point) untuk nongkrong, kencan, mengusir rasa ngantuk, atau mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor ataupun rapat dengan kolega. Dari itulah warung kopi menjadi ruang publik terbuka bagi masyarakat dari seluruh lapisan untuk bertemu dan berdiskusi dengan komunitasnya hingga melahirkan banyak gagasan. Tak sedikit juga lhoo coffe shop di berbagai penjuru daerah juga menyediakan buku bacaan hingga menjadi perpaduan yang pas antara kopi, buku, dan tempat yang nyaman. Dari beragam alasan itulah usaha warung kopi menjadi peluang yang pas untuk ditekuni agar memperoleh keuntungan yang melimpah.

Kesuksesan coffee shop beriringan dengan kemampuan barista
Selayaknya buku yang best seller karena kemampuan penulis yang memiliki kelihaian dalam memilih diksi dan merangkai kata begitu pula dengan kesuksesan sebuah kedai kopi berada pada tangan  barista dalam memilih kopi, meracik, menyeduh, dan menyajikannya kepada pelanggan yang datang.

Sayangnya hingga saat ini belum ada institusi yang melahirkan sarjana seperti sastarawan maupun koki. Untungnya ada bencoolen coffee brand perusahaan yang didirikan untuk mambangun usaha kopi guna meningkatkan kesejahteraan petani dan memberikan pelatihan kopi dan barista kepada pemuda guna mencetak peracik kopi terampil.

Kartu prakerja dan pelatihan barista
Pemerintah telah menggulirkan Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.
Sumber. Prakerja.bencoolencoffe.com

Maka dari itu, bencoolen coffee memberikan pelatihan di bidang kopi bagi siapapun yang ingin membuka usaha kopi kekinian tetapi bingung bagaimana caranya. Juga bagi yang ingin jadi barista handal , pemasaran Kopi secara online maupun menjadi agen Kopi Indonesia di wilayah sendiri. Baik membuka di rumah, di kantin sekolah, di pasar dan di tempat-tempat keramaian lainnya.

Manfaat mengikuti pelatihan barista
Suatu ilmu bisa didapat karena belajar, dipraktekan dan dilatih. Kemudian menuai manfaat kepada tuannya. Oleh karena itu berikut manfaat mengikuti pelatihan barista yang disediakan oleh bencoolen coffee melalui program prakerja.

Sumber: prakerja.bencoolencoffee.com

  • Pengetahuan dalam bidang Kopi
Anda akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis kopi, kemampuan mnerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi, dan penjelasan tugas profesi barista.

  • Barista Handal
Anda akan diberikan tips dan trik dalam meracikan kopi standar barista juga mendapat pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.

  • Memahami Kebutuhan Menjadi Barista
Selain pemahaman jenis kopi, juga karakteristiknya, cara meracik kopi, memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista

  • Wirausaha Warung Kopi
Pelatihan ini akan memberikan peluang membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim. Dimana Anda bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Sumber:  prakerja.bencoolencoffe.com

Gimana, tertarik untuk ikut melakukan bisnis kekinian? Jangan lupa asah kemampuan sebelum terjun ke medan bisnis agar hasil lebih maximal dengan klik tahutannya untuk mendaftar.

Siapa saja yang bisa mengikuti pelatihan ini?
Yang dapat mengikuti pelatihan ini adalah :
- Para kaum milenial
- Pemilik UMKM
- Masyarakat umum yang tertarik untuk membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim.
- Para peserta prakerja yang sudah memiliki kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi terdiri dari para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Syarat mengikuti pelatihan ini
Tidak ada syarat khusus dalam mengikuti pelatihan ini kecuali peserta harus memiliki gadget dengan koneksi internet yang stabil untuk mengunduh aplikasi zoom dan selama materi berlangsung tak lupa juga sedikan alat tulis untuk mencatat yaaa.

Wah kesempatan langka yaa. yuk gunakan peluang ini karena kesempatan emas tidak akan datang dua kali. Mari terus belajar mengasah diri karena tidak ada ilmu yang sia-sia.
Menunda melakukan sesuatu yang baik, akan memperpanjang kegagalan meraih kesuksesan hingga tak terasa menua dengan menyisakan penyesalan~oviroro

Referensi:
ThaqÃfiyyÃT, Vol. 13, No. 1, Juni 2012
Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No. 1, Juni 2017 : 33 – 47
Jurnal Ilmu Sosial Vol. 15 | No. 2 | November 2016 | Hal. 137-149
https://kumparan.com/kumparanfood/kedai-kopi-melintasi-masa/full
bencoolencoffee.com

Baca Juga