Bulan Ramadan sebagai bulan paling mulia dari 12 bulan lainnya memang membawa berkah bagi seluruh alam. Meski ini kali kedua Ramadan dengan atmosfer masih sedikit kelabu. Tapi perihal pahala Ramadan, sudah tentu tetap lancar berlipat-lipat sesuai dengan amal ibadah dan kebaikan masing-masing individu.


Penyebaran dan topik virus Corona boleh saja terus naik daun namun ketakwaan kita tidak boleh terus turun. Banyak stabilitas belum normal di berbagai sektor. Tapi apakah pantas peristiwa ini jadi alasan untuk bermalas-malasan? nanti rugi lhoo. Coba deh berpikiran positif, mengambil hikmah pada setiap peristiwa dan lakukan 5 kebiasaan ini agar Ramadanmu lebih menyenangkan dari biasanya.




Tetap biasakan bangun pagi untuk tadarus

Nikmatnya memang tiada dua ya kalau habis sahur (sholat subuh cepat-cepat) langsung naik kasur untuk melanjutkan mimpi terus bangun kalau matahari sudah  berada di tengah langit, atau sinarnya sudah menyengat. Keinginan untuk melakukan rutinitas pagi malah males. Apalagi sejak Ramadan,  tidak ada kelas pagi bagi mahasiswa (jadwal di pindah siang) termasuk juga beberapa karyawan.


Kebiasaan ini tidak boleh dipelihara selama Ramadan, sungguh sangatlah merugi jika lebih banyak tidur. Mendingan alihkan ikut tadarus ke masjid atau ngaji sendiri di rumah dengan menargetkan minimal khatam satu kali Alquran. Selain menyenangkan, ini baik untuk spritual lho. Kalau biasanya dalam sebulan sanggup menamatkan berbagai genre Drakor dalam beberapa episode, masak momentum di bulan turunnya Al-Quran ini, tidak bisa menamatkan? Terus sangu apa yang akan dibawa kelak? Ingat, tidak ada yang tahu kapan malaikat Azroil akan bertamu. Alhamdulillah jika Ramadan tahun depan, masih bisa kembali menghirup aromanya kalau malah mencium tanah? Apa mau di kata.


workout untuk metabolisme tubuh

Ramadan sering kali dijadikan kesempatan besar bagi yang ingin diet. Untuk menjaga agar badan tetap fit, workout harus dilakukan agar bisa defisit kalori. Pilihannya bisa zumba, Cardio, yoga maupun lainnya. Tergantung minat masing-masing. Kemudian dapat dilakukan di rumah maupun tempat nge-gym.


Kalau workout di rumah, lebih hemat. Tak perlu mengeluarkan biaya administrasi apapun kecuali, hanya modal kuota untuk download jenis workout sesuai minat di YouTube. Tapi sayangnya kurang bisa menjaga konsisten kecuali memang memiliki semangat membara dalam diri sendiri.

Lain halnya jika gabung menjadi member di tempat nge-gym. Selain langsung dilatih oleh coach yang sudah bersertifikat, bisa nge-gym angkat beban sesuai alat yang diminati, dan bisa jalin pertemanan dengan teman baru di tempat tersebut.


Ajang master chef

Ramadan akan sangat menyenangkan bila dijadikan sebagai media kreasi belajar menyulap makanan dan minuman. Syukur-syukur kalau punya si kecil yang bisa diajak berkolaborasi untuk membuat aneka menu buka puasa dan sahur tiap harinya. Hingga membuat aneka kudapan di akhir ramadan. Baik kering maupun basah untuk menghiasi toples.

Momentum ini sangat seru dan menyenangkan sekali lhooo. 


Tarawih

Tarawih adalah ibadah yang paling menyenangkan saat bulan ramadan karena ibadah  ini hanya dilakukan sebulan  sekali dalam setahun. Biasanya ba'da Maghrib, banyak orang-orang telah rapi memakai mukenah dan membawa sajadah mengisi setiap masjid dan musholla kota hingga desa.

Meski pelaksanaan sholat ini lebih banyak dari pada sholat lainnya, tapi tetap aja seru karena dilakukan bersama-sama.

Setelah selesai sholat tarawih+witir pun, orang akan bersedekah apapun kepada jamaah tarawih secara bergantian tapi ada juga orang itu saja sesuai kemampuan. Sedekah yang diberikan berupa pemberian roti tiap malam, agar-agar, dan lainnya. Bahkan ada yang sampai memberi amplop berupa uang lhooo.


 Sholat malam sebelum sahur

Sholat sebelum sahur itu rasanya Masya Allah sekali nikmatnya. Setelah merasa cukup puas sholat dan Dzikir barulah sahur. Apalagi mengakhiri sahur itu Sunnah lhoo. 

Seorang guru agama juga menjelaskan bahwa saat seseorang melakukan sholat malam terlebih dahulu sebelum sahur, maka sandal yang ia pakai, air yang ia sentuh, mukenah yang dipakai dan penunjang ibadah lainnya akan memohon kan pertolongan baginya. 


So diantara ke 5 tips menyenangkan saat Ramadan ini, mana yang lebih membuatmu excited

Baca Juga