Kamu yang saat ini sedang baca artikel ini, pastinya pernah mengalami masa kecil bukan? Betapa menyenangkannya ya saat itu. Tak ada beban hidup sepertinya hihi apalagi saat nyanyi-nyanyi gitu plong banget. Ternyta menyanyi selain membuat senang juga menjadi salah satu cara untuk membentuk manusia yang beradab dan bermartabat pada anak-anak lhoo.

Sebab melalui lagu anak-anak yang terdapat unsur kesederhanaan birama, lirik, melodi yang bermuatan nilai-nilai positif dan sarat pesan moral sehingga bagus untuk perkembangan psikologi anak. Selain itu juga lebih efektif untuk diinterpretasi oleh otak serta akan cenderung bertahan lebih lama dalam ingatannya karena anak-anak akan lebih mudah belajar mengenal benda, bentuk, warna, binatang, membaca, berhitung, bersikap, dan berbagai pengetahuan tentang dunia luar melalui lagu. Sehingga keberadaan lagu untuk anak-anak begitu penting untuk selalu dikembangkan dan diperbaharui.

Hoala dan Koala


Namun kenyataannya perkembangan dunia musik anak di Indonesia terlihat lesu dan  tidak semeriah era 80-90 an gaungannya. Maka sungguh sangat miris dan menyayat hati jika anak usia PAUD, TK atau SD malah lebih hafal lagu dewasa apalagi lagu itu jauh dari kata pantas untuk usianya. Beruntungnya akhir tahun 2020 Hoala dan Koala hadir menjadi lagu dan animasi anak indonesia dengan karakter yang divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. Kehadirannya ini diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.

Siapa sih Hoala & Koala?

Hoala dan Koala adalah sepasang sahabat antar manusia dan hewan yang sangat gemar menyanyi. Lagu yang mereka nyanyikan adalah daily life sehingga penanaman karakternya dapat sekali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. karakter mereka ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya lho. Mereka yang digambarkan dengan karakter 3D memiliki tujuan agar menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

Lagu dan Animasi Anak Terkini


Manfaat Lagu Anak-anak

Dalam jurnal yang ditulis oleh Heni Kusumawati FBS Universitas Negeri Yogyakarta, beberapa manfaat dari lagu anak adalah;

  • Mengembangkan kemampuan verbal dalam mengenal kosakata baru yang belum pernah mereka dengar sebelumnya kemudian seiring waktu anak-anak bisa juga menirukan untuk mengkomunikasikannya.
  • Mengajarkan suatu budi pekerti yang memberikan pengaruh baik dalam pertumbuhannya. Contoh lagu dan animasi anakindonesia  dalam lagu Hoala dan Koala ini sebagaimana pada judul lagu berikut; kembali bersekolah, cuci tangan, jalan kaki pagi-pagi, terus belajar, saling bantu, dan masih banyak lainnya. Lagu Hoala dan Koala, selain berbahasa Indonesia juga terdapat bahasa Inggris dan Spanyol. Saat ini pun sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.
  • Melibatkan peran orangtua dengan bernyanyi bersama anak-anak sehingga dapat menenangkannya saat gelisah, dan saat butuh hiburan sehingga mereka akan merasa tenang dan senang bisa melakukan bersama orangtua. Pada hoala dan koala ini kita bisa temukan lagu anak yang pas dan komplit sebab seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Sehingga lagu-lagu yang disajikan pun tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton, mendengarkan atau bahkan ikut menyanyikan lagu ini bergantian dengan anak sesuai jalan cerita lagu ini.

Komitmen untuk anak-anak Indonesia

Dalam berkarya, Hoala dan Koala memiliki komitmen tinggi mendedikasikan dirinya untuk anak-anak Indonesia dalam menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Bahkan banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim dipakai dalam penggarapan album, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Kerennya, tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala dan Koala lhooo, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Hoala dan Koala Lagu Anak Indonesia


Kesimpulan

Belajar di waktu muda bagaikan mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai menulis di atas air

Yuk kenali anak-anak kita dengan lagu anak sesuai dengan usianya, jangan sampai lagu dewasa malah merenggut masanya agar kelak kenangan masa kecil jadi memori indah dalam hidupnya. Selain itu menanam pendidikan karakter sejak dini padanya sangat penting sebab mengutip kata bijak nih, penanaman pendidikan karakter sejak anak-anak bagaikan mengukir di atas batu sedangkan menanam pendidikan karakter pada anak usia lewat masa pubertas bagaikan mengukir di atas air.

Percaya enggak? coba deh nasehati anak-anak vs remaja maka anak-anak akan lebih menuruti. Aku sudah membuktikannya. So, Mari menjadi orangtua yang bijak untuk anak-anak kita agar mereka bangga memiliki orangtua seperti kita.

Baca Juga