Usaha rumahan cukup menjanjikan saat ini. Selain bisa dijadikan usaha sampingan bisa juga dijadikan usaha utama. Apalagi bagi perempuan yang memilih full time sebagai ibu rumah tangga agar lebih banyak waktu di rumah bersama buah hati tapi tetap bisa membantu perekonomian keluarga.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dan memulai usaha yang akan jadi konsen utama dan kontinyu agar sukses dengan keuntungan yang berlipat-lipat.

Tips sukses memulai usaha dari rumah 

1. Lakukan survei terkait apa yang dibutuhkan sekitar

Saat akan memulai usaha rumahan atau home business, penting untuk melakukan survei atau memperhatikan sekitar terkait apa yang lingkungan butuhkan. Entah lingkungan di sekolah, lingkungan kuliah, atau lingkungan tetangga. Tujuannya agar usaha yang akan dijalankan tidak seperti buntut tikus yang semakin lama semakin mengecil.

Perhatikan baik-baik apakah dilingkungan sekitar membutuhkan pelayanan jasa sewa, jasa ahli atau yang lain.

Penyediaan layanan jasa sewa misalnya; jasa sewa keranjang timangan bayi aqiqah, jasa sewa sound system, jasa sewa gedung, jasa sewa kebaya dan masih banyak lainnya.

Sedangkan contoh jasa ahli misalnya; jasa desain grafis, jasa penulis, jasa servis elektronik, jasa videografer, jasa tukang rias atau MUA dan masih banyak lainnya.

2. Siapkan budget lebih untuk modal usaha 

Ketika sudah menemukan usaha yang pas, mulailah perinci berapa biaya yang akan dihabiskan. Besar atau kecilnya tergantung dengan perincian dana yang dialokasikan dan jenis usaha yang akan dilakukan.

Cara ini untuk memperkirakan skala usaha, perputaran uang, lama waktu balik modal, dan sebagai bahan evaluasi setelahnya untuk mengetahui perkembangan keuangan dalam kondisi sehat atau malah sakit.

3. Menjadi unik dan berbeda

Saat merintis usaha maka tantangan terbesarnya adalah untuk tetap bertahan agar tidak gulung tikar di tengah persaingan ketat dengan yang lain.

Untuk itu, misalnya memilih untuk terjun di bidang jasa kecantikan atau MUA maka carilah yang paling unggul dari pelayanan darinya, misal alis tanpa cukur, bulu mata anti badai hingga berhari-hari dengan harga ekonomis pula.

Atau jika membuka usaha pada bidang kuliner misalnya, ayam geprek yang lagi menjamur banget maka penentuan harga, kemasan, dan diskon akan jadi strategi jitu untuk bersaing dengan yang lain.

4. Nikmati proses

Susah-susah dahulu, baru Kemudian bersenang-senang

Dalam memulai usaha, pasti akan ada suka dan dukanya. Apalagi bagi pendatang baru dimana usahanya akan tertatih-tatih terlebih dahulu. Untuk itu diperlukan kesabaran yang super extra dalam melariskan usaha atau untuk memikat kepercayaan orang lain.

Timangan bayi aqiqah


5.  Lakukan promosi

Promosi merupakan suatu tindakan untuk mencari perhatian calon pembeli. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memikat hati customer mulai dari menyampaikan dari mulut ke mulut, memberikan harga diskon pada setiap momentum, atau memanfaatkan jaringan internet pada media sosial sebagai strategi marketing untuk menjangkau lebih banyak dan lebih jauh lagi pelanggan.

Jika tidak demikian maka usaha yang dilakukan nanti bukan malah untung tapi buntung. Namun meski menggunakan jasa ini, juga perlu memupuk kesabaran sehingga menumbuhkan kepercayaan.

Memilih strategi marketing untuk meningkatkan penjualan di sosial media membutuhkan jaringan internet yang tidak lelet. Seperti IndiHome (Indonesia Digital Home)

Menurut Wikipedia, IndiHome adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (IndiHome TV, IPTV). 

Kehadiran IndiHome memberikan penawaran dengan pilihan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps. Selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca.

Dengan begini, usaha di rumah tetap lancar dan tetap semangat berkonten untuk memajukan usaha yang sedang ditekuni.


Referensi:

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/18/090000626/pengusaha-pemula-lakukan-ini-agar-bisnis-tak-buntung?page=all#page2

https://id.m.wikipedia.org/wiki/IndiHome


Baca Juga