It Is About Covid-19 (A letter To My Little Boy #1)

46 comments
Dear sweetheart Afnan Syaddad wa Jauhari

Bunda ucapkan selamat datang ya nak dalam catatan digital bunda ini. sebelum Afnan membaca lebih jauh, bunda mau kasih tahu tentang harapan yang bunda sematkan dibalik nama lengkapmu Afnan Syaddad wa Jauhari. Nama itu sudah bunda persiapkan saat bunda belum menikah tepatnya masih tercatat sebagai mahasiswi tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi di pulau garam. Arti dari namamu itu adalah "seorang anak berwajah tampan berseri, gagah, dan berharga bagai permata"


Nak, perlu kamu tahu bahwa nama adalah doa. Besar harapan bunda kamu menjadi anak yang tampan secara fisik dan rohani dapat kamu seimbangkan. Tampan versi bunda ini adalah bagaimana wajahmu selalu ceria dan ber-pekerti mulia dengan ilmu-ilmumu. Kemudian, tumbuh menjadi anak gagah yang dengan perkasanya berani tampil melindungi rakyat kecil atau siapapun yang perlu dibela dalam garis kebenaran tanpa ketir, dan kamu menjadi seorang yang sangat berharga bagai permata bagi siapapun. Doa bunda di sini, kamu menjadi anak mulia karena ilmu yang menjadi cahayamu dan kamu pergunakan itu di jalan yang Allah ridhoi

Maka dari itu bunda tuliskan ini untukmu karena surat ini bukanlah surat biasa nak yang tidak cukup selembar terselesaikan. Akan ada beberapa lanjutan dan wajib kamu baca secara urut ya!

Sejak dituliskannya surat ini untukmu, orang Islam akan menjalani puasa ramadan 1441H dalam 2 hari lagi. Tapi situasi belum kondusif.

Kamu harus tahu nak, bahwa ada mahluk kecil yang Allah turunkan ke bumi untuk berkenalan dengan kami. Meski kecil, namun ia ditakuti dan dijauhi. Tak ada yang mau dekat-dekat dengan dia. Tentu semua pada menjauh karena kalau tidak, mahluk kecil tadi hanya akan menyakiti.  Tapi bunda yakin, Allah menurunkan sesuatu pasti beralasan. Meski banyak orang yang bersusah payah sekarang karena mahluk tak kasat mata ini mempengaruhi faktor kesehatan, perekonomian, dan hubungan sosial secara langsung namun pasti setelah ini suatu kebahagiaan akan datang. Pasti ada hikmah di balik ini sebagai teguran untuk muhasabah diri.

Sumber: BPN

Oh iya nak, menurut bunda, bentuk virus ini lucu dan mungil. Namanya Corona. Sebuah virus ke 7 dunia menjadi penyakit mematikan bagi hidup manusia setiap saat karena menyerang sistem pernafasan secara pesat melalui udara lewat virus dan bakteri. Penyakit ini merebak pertama kali di Kota Wuhan, China sejak akhir 2019. World Health Organization (WHO) mencurigai kalau covid-19, panggilan umum kami kepadanya berasal dari hewan yang diperjualbelikan secara bebas di sana. Salah satu penyebabnya adalah transmisi atau penyebaran melalui kelelawar yang kemudian di konsumsi oleh manusia.

Anakku sayang, hewan-hewan yang mereka konsumsi dilarang dalam agama kita. Pelarangan itu, sudah legalitas dari Allah, tuhan kita yang esa. Nak, setiap apa-apa yang Allah larang, kemudian kita melanggarnya akan ada kenestapaan dibaliknya. Maka, nasehat bunda, patuhilah ajaran-Nya. Dan bunda akan sangat senang jika, Afnan mempelajari tentang ilmu science yang dipadukan dengan ayatullah. Carilah ilmu itu, pelajarilah, dan berikan sumbangsihmu kepada dunia nak. Biar adamu, tidak hanya hidup tanpa arti yang jelas dan dapat memberi kebermanfaatan.

Nak, pemuda-pemudi Islam_ agama yang di bawa oleh kekasih Allah, nabi Muhammad saw_dapat dikatakan redup sekarang. Penyebabnya bisa jadi karena pengaruh arus globalisasi yang mengikis iman. Semoga tidak dengan masamu ya nak. Bunda berdoa semoga zamanmu seperti berjayanya Islam berabad-abad silam. Salah satunya,pada masa Ibnu Sina atau nama baratnya Avicenna. Ia pelopor ilmu kedokteran eksperimental dengan mahakaryanya yang melegenda menjadi rujukan ilmu kedokteran dunia yaitu kitab Al- shifa dan Al-Qanun fii tibb (the canon of medicine) mampu membangkitkan peradaban Islam dan dunia dengan ilmu pengetahuan. Kemudian, menjadi sumber rujukan dan bahan penelitian bagi pegiat dunia kedokteran hingga kini.

Nak, bisa jadi sekarang virus ini menimpa era bunda atau menimpamu kelak dan besar kemungkinan lebih parah. No one knows. Maka pelajarilah ilmu Allah yang luas itu. Semakin kamu belajar, kamu akan semakin bodoh, dan semakin tertarik untuk mencari tahu. Asal rasa ingin tahumu terus kamu tumbuhkan tanpa besar kepala setelahnya.

Bunda lanjut ya sayang! Virus ini kemudian menyebar ke penjuru dunia lebih dari 190 negara. Termasuk tanah ibu petiwi yang sangat ibu cintai. Begitu pula dengan mu bukan?  WHO mengumumkan bahwa pandemik ini pada tanggal 29 Maret 2020, terdapat 634.835 kasus dan 33.106 jumlah kematian di seluruh dunia.

Nak, virus Corona menyebar melalui droplet, sebuah partikel yang keluar melalui mulut manusia ketika berbicara dengan orang lain. Virus ini saking tingginya tingkat virulensi (kekuatan virus menyebabkan infeksi) dapat dengan mudahnya menginfeksi setiap orang  jika berkontak langsung dengan penderita covid-19. Seperti; melakukan komunikasi secara intens, berdiskusi kelompok yang cukup lama yang kemudian dapat beresiko menjadi tempat menempelnya virus tersebut terutama di daerah mukosa (lidah, orofaring, rongga hidung, dan konjunctiva). Jika imunitas seseorang rendah, lalu menempel virus tersebut kemudian menginfeksi, maka akan sangat mudah mengalami gejala, bahkan terinjeksi covid-19 yang dapat berujung kematian.

Sources:
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Gaya+hidup+orang+percaya+berlandaskan+Mazmur+91+%3A+1-16+dalam+menyikapi+masalah+virus+corona+%28Covid-19%29+masa+kini+Oleh%3A++Thalia+Yusuf++Institut+Agama+Kristen+Negeri+Toraja+&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DZZ2IGqxkfBsJ

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Penetapan+Karantina+Wilayah+Menurut+Pandangan+Legal+Positivisme+Dalam+Rangka+Pencegahan+dan+Pemberantasan+Pandemi+Coronavirus+Disease+%28Covid%29-19+Yusufa+Ibnu+Sina+Setiawan+%2F+201910380211009&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DW1Kn3HPVE8oJ

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Coronavirus+Disease+2019%3A+Tinjauan+Literatur+Terkini+Coronavirus+Disease+2019%3A+Review+of+Current+Literatures&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DnVOxMqa--vQJ

https://www.google.com/amp/s/muslim.okezone.com/amp/2020/02/15/614/2168987/mengenal-ibnu-sina-dokter-muslim-penemu-tbc

Ovi RoRo
An ordinary female from Indonesia who prefer write as lifestyle blogger, she proud to be Muslimah and trying to tell something to her own podcast "24 hours with Oviroro"

Related Posts

Comments

  1. Dan virus ini pula yang mengakibatkan gejolak ekonomi, sosial masyarakat bahkan di seluruh dunia. Tahun 2020 ini akan kita ingat bersama sebagai bencana seluruh umat manusia. Sedih rasanya.

    ReplyDelete
  2. Setelah 1 abad, kita di zaman milenial akhirnya kebagian juga pandemi dunia. Menarik isi suratnya mba. Akan menjadi sebuah kenangan untuk dibaca di lain hari saat anak-anak kita sudah besar nanti.

    ReplyDelete
  3. Semoga di masa depan nanti, dunia bisa hadir lebih menyenangkan, damai dan sehat untuk keturunan kita ya

    ReplyDelete
  4. Dulu mengira virus ini ngga akan sampai ke Indonesia. Rupanya memang nggabole sombong gitu tuh. Sekarang malah menyentuh angka 10ribu. Mudah-mudahan segera membaik. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun demikian mengentengkannya kak๐Ÿ˜‚

      Delete
  5. Virus sejenis sudah ada di masa lalu dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi di masa depan. Tapi kejadian ini memang bagi saya pribadi pasti akan selalu terkenang, karena efek virus ini sangat dahsat. bukan hanya dalam hal kesehatan tapi juga lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nih! Kalau zaman emmakku masih muda, katanya dulu ada ta'un sih kk. Ada yang manggil (tapi tidak ada) klau ngejawab dan disadisamperi tidak ada, maka akan berujung kematian.

      Delete
  6. dan nggak disangka penyebarannya bisa secepat ini dan menularnya pun juga cepet. tanpa kita ketahui pula
    semoga cepat berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dari 2 orang eh tiba² melaju pesat bak kedipan mata hehe

      Delete
  7. setiap masa pasti ada jaman kegelapan..spti saat ini kita ditakdirkan menjadi saksi sebuah jmn kegelapan dari hadirnya sebuah virus...semoga sejarah kita bisa menjadi pelajaran yg bisa diambil maknanya dimasa depan..Amin YRA

    ReplyDelete
  8. Siapa yang menyangka virus lucu nan mungil ini bikin gempar dunia, dengan penyebaran yang cepat, dan risiko yang membahayakan.
    Semoga kita semua terhindar dari covid-19 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammin ya rabbal aalaminn.
      Dan semoga bisa kembali menikmti ramadan tahun depan tanpa virus ini yaaa

      Delete
  9. Makhluk mungil yang punya kekuatan super. Tak terlihat dengan mata telanjang. Andai bisa maka kita bisa berlari menghindarinya. Ini adalah makluk mungil yang membuat seisi dunia bergejolak, memulai perubahan di mana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Dan semua kegiatan bilateral diberhentikan untuk sementara waktu.

      Delete
  10. Makhluk tak kasat mata yang bahkan mampu bermutasi dengan sangat cepat. Semoga anak-anak kita termasuk yang dilindungi oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn. Anyway, aku belum beranak kak saat ini hehe

      Delete
  11. Uniknya virus lucu ini konon tidak menyerang anak-anak. Pandemi menurut sejarah pernah terjadi ratusan tahun yg lalu. Semoga sih manusia makin cerdas sehingga mampu menciptakan penangkalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn. BEgitukah kak? Baru tahu sih hehehe tapi aku pernah suatu wktu lihat berita, ada anak yang terkena lhoo

      Delete
  12. Suatu saat anak2 bisa membaca tulisan kita dan mengenang sejarah lewat orang tuanya. Semoga Corona segera berlalu, anak2 udah pengin keluar aja sepedaan bareng gengs nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka berbahagialah kita jatuh cinta kepada menulis melalui blog๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Delete
  13. sambil menulis surat sambil menjelaskan corona ya ke anak. pasti akan dikenang sepanjang masa sih wabah ini. semoga segera berlalu ya wabah virus pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak aaminmaamin. Udah feed up bnget di rumah hehe

      Delete
  14. Aku terharu ihh baca letter from Bunda untuk anaknya..
    Penjelasan jadi enak dibaca ketika dikaitkan dengan agama..
    Nice artikel mbak,

    ReplyDelete
  15. Makhluk mungil yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata tapi dampaknya luar biasa ya mbak. Ini suratnya manis banget dalam memberitahu seputar corona, sampai enggak terasa bacanya tahu-tahu udah abis aja.
    Aku setuju banget sama kalimat ini mbak "Semakin kamu belajar, kamu akan semakin bodoh, dan semakin tertarik untuk mencari tahu."

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š terima kasih kak.
      Semoga si penerima surat kelak dapat semringah.

      Delete
  16. Cara berceritanya unik Kak Ovi hehe. Betul kedatangan virus ini luar biasa dan akan menjadi sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih emmak panutan๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Delete
  17. MasyaAlloh kata-katanya sangat dalam k. Saya pun sungguh sedih akibat dampak covid-19 keadaan materi keluarga sungguh berdampak, meski hikmah lain begitu banyak. Semoga segera berlalu ya k wabah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersabar dan tetap waspada kk insya allah akan berakhir segera.

      Delete
  18. Masya Allah... Tulisan ini akan terkenang selamanya mba... Wabah ini sungguh mengguncang dunia. Benar sekali, apa- apa yang dilaranh Allah sepatutnya kita ikuti demi kebaikan kita juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kk. Semoga si penerim surat bisa mengerti terutama akan harpan² saya kepadanya.๐Ÿ˜Š

      Delete
  19. Menarik isi suratnya mbak, kalau saya jadi Afnan pasti senang sekali dapat surat-surat kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih๐Ÿ˜Š semoga kelak dia termotivasi

      Delete
  20. Sebab perilaku manusia pula ya Bu akhirnya kembali pula efeknya pada manusia. Semoga Corona lekas berlalu.

    ReplyDelete
  21. Semoga musibah ini cepat berlalu dan kita bisa mengambil pelajaran dari musibah ini untuk kehidupan yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak semoga yang terhindar maut melalui pelantara virus ini, bisa hidup lebih bijak.

      Delete
  22. Di awal pandemi kemarin anak-anak juga kujelaskan panjang dan lebar tentang Corona. Pas banget materi di sekolah itu semua. Alhamdulillah sekarang mereka sudah paham dan lebih sabar melalui hari-hari di rumah saja.

    ReplyDelete
  23. Edukasi soal covid 19 ke anak memang penting
    Biar mereka mengerti kenapa harus di rumah aja dan bisa diajak kerjasama di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang. Ini saya hitung² belajar mengedukasi hehe

      Delete
  24. corona bakal jadi sejarah, yang semoga gak akan pernah terulang lagi,,

    ya alloh kapan corona ni pergi, aku mau pulang kampung ketemu baapak ibu,,, hiikssssss

    ReplyDelete
  25. Uch uch uch sini sini peluk kak๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter