Dahsyatnya Amalan Dari Syekh Ali Jaber Ini Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Dikutip dari Safari Dakwah bahwa sebagai manusia yang beriman tentu harus memiliki rasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dalam menjalani kehidupan ini, tentu harus berkelakuan yang baik. Ahlak yang baik harus tetap ditingkatkan bagaimanapun juga.

Manusia merupakan perencana yang baik, namun segala keputusan diberikan oleh Allah. Karena itu, ada baiknya untuk anda dapat melakukan amalan dzikir dan doa dalam sehari-hari dapat bermanfaat untuk mendapatkan ridho Allah dengan bermohon semata-mata hanya kepadaNya, menghilangkan kegundahan hati agar jiwa senantiasa dekat dengan sang pencipta, dan berprasangka baik bahwa apapun yang terjadi atas kehendak Allah.

Berikut beberapa amalan yang dapat diterapkan sehari-hari dari Syekh Ali Jaber seorang penghafal alquran yang menuntaskan hafalan 30 juz saat usianya masih belia.


Sedekah subuh
Sedekah di semua waktu dan hari itu baik tapi ternyata sedekah subuh jauh lebih baik, paling dahsyat, dan paling cepat dikabulkannya hajat. Karena waktu subuh, Allah turunkan para malaikatNya. Agar tidak kesusahan jika setiap habis subuh mencari orang miskin atau fakir untuk bershodaqoh, beliau menganjurkan untuk membuat kotak amal sendiri di rumah dan setelah habis subuh, rutin menyimpan uangnya di kotak tersebut. Ketika sudah merasa cukup sangat layak untuk dibagikan kepada yang membutuhkan atau kepada masjid, dapat langsung diberikan.

Agar memperoleh kedahsyatan shodaqoh dari setiap peletakan uang dalam kotak tersebut, sertailah doa atau harapan. Jika anda sakit, masukkan uang tersebut lalu ucapkanlah "ya Allah angkatlah penyakit ini, sembuhkanlah" Begitupula untuk mendapatkan jodoh, pekerjaan dan apapun masalah yang di hadapi seperti hutang, susah memiliki keturunan, sulit menemukan pekerjaan, dan bahkan meniatkan agar sedekah yang dilakukan diperuntukkan pahalanya bagi orang yang sudah beda alam.

Tapi 1 x sedekah dipergunakan untuk satu hajat. Jangan bermacam-macam doa dan harapan. Bukan karena Allah tidak mampu tapi apakah kita tidak malu? Hanya sedekah sekali mintanya berkali-kali? Buatlah rutinitas yang istiqomah.

Fokus sholawat pada malam dan hari jumat
Amalan sederhana, mudah, dan manfaatnya luar biasa adalah membaca sholawat utamanya pada malam dan hari jum'at
 اللهم صل على محمد وعلى ال سيدنا محمد
Artinya: ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami nabi Muhammad dan keluarga nabi Muhammad.

Kelak hanya syafaat rasulullah yang mampu menaungi saat matahari di padang mahsyar hanya sejengkal. Keistimewaan sholawat pun berlipat pahalanya.

Pengusir syaitan dan jin dalam kehidupan sehari-hari
Pernahkah bloggers sekalian melihat teman pondok, teman sekolah, tetangga rumah maupun kerabat dan anak dari teman colega bisnis kerasukan? Atau dia tidak tenang hidupnya seperti ada orang tak kasat mata selalu mengawasinya? Atau bahkan memiliki rumah sering ditempati tapi terasa angker?

Berikut tatacara penanganannya yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu memanggil seorang ustad, syekh, kiai, orang pintar bahkan dukun.
Pertama: untuk di minum
 - ambil air segelas
 - beri garam secukupnya di dalamnya
 - bacakan surah fatihah 7x
 - 5 ayat pertama dari surah Al-Baqarah dibaca cukup sekali
الٓمٓ )١
ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ )٢
ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ )٣
وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ )٤
أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ )٥
- Membaca ayat kursi 7x
- 3 ayat terakhir surah Al-Baqarah dibaca 1x ayat 284, 285, dan 286
  لِّلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ وَإِن تُبْدُوا۟ مَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ ٱللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ

يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

- membaca surah Al-Ikhlas, al-falaq, dan an-nas masing-masing 3x
- tiup 1x atau 3x
- setelahnya air dalam gelas tersebut boleh diminum
Kedua: untuk mandi
- bawa ember besar
- Beri garam
- dibacakan ayat-ayat sesuai yang di tulis di atas (air minum dalam gelas)

Ketiga: untuk bersih-bersih rumah (ngepel maupun ngelap kaca)
-tatacara pelaksanaannya sama dengan di atas.
Hal tersebut dilakukan karena garam mengandung energi positif sedangkan jin dan syaitan mengandung energi negatif

Jika upaya di atas dilakukan insya Allah semua baik-baik saja dan terhindar dari ustad maupun dukun gadungan yang hanya mau mengeruk keuntungan pribadi dan memanfaatkan kepanikan dan kewaswasan orang lain.

Murah rezeki
Surah Ali Imran 3 ayat 26-27 di baca antara adzan dan iqomah subuh
قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Arti: Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. — Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 26

تُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَتُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ ٱلْحَىَّ مِنَ ٱلْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ ٱلْمَيِّتَ مِنَ ٱلْحَىِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَن تَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Arti: Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)". — Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 27

Membaca kedua ayat tersebut tidak terbatas berapa kali banyaknya. Boleh jadi sekali, tiga kali, maupun lainnya. Dan sangat dianjurkan di baca setelah sholat sunnah subuh.

Syekh Ali Jaber sangat menganjurkan untuk meniru rasulullah yang bagaimanapun keadaannya tidak pernah meninggalkan sholat sunnah sebelum subuh karena pahalanya lebih baik dari seisi langit dan bumi bahkan saat telat bangun subuh hingga mentari sudah naik pun masih tetap wajib melakukan sholat subuh sepaket dengan sunnah qobli-ah nya.

As-Sab'ul Munjiyat (7 Ayat Pemberi Perlindungan Dan Keselamatan)
Membaca surah berikut ini tidak mengenal batasan waktu. Boleh di amalkan pagi hari, malam hari, selepas sholat setiap 5 waktu, mau tidur atau bahkan hendak bepergian
☑ Surah Al An'am 6 Ayat 17
وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يَمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya: Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.

☑ Surah At Taubah 9 Ayat 51
قُل لَّن يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ ٱللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَىٰنَا ۚ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ ٱلْمُؤْمِنُونَ
Arti: Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal".

☑ Surah Hud 11 Ayat 6
وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ
Arti: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
     
☑ Surah Hud 11 Ayat 56
إِنِّى تَوَكَّلْتُ عَلَى ٱللَّهِ رَبِّى وَرَبِّكُم ۚ مَّا مِن دَآبَّةٍ إِلَّا هُوَ ءَاخِذٌۢ بِنَاصِيَتِهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ
Arti: Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melatapun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus".

☑ Surah Al Ankabut 29 Ayat 60-61
وَكَأَيِّن مِّن دَآبَّةٍ لَّا تَحْمِلُ رِزْقَهَا ٱللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ ۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ
Arti: Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

☑ Surah Fatir 35 Ayat 2
مَّا يَفْتَحِ ٱللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ
Arti: Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Meski terkesan banyak dan panjang, tapi jika istiqomah membacanya maka dengan sendirinya akan hapal diluar kepala.

Profil sang syekh
Syekh Ali Shaleh Muhammad Ali Jaber adalah pendakwah kelahiran Madinah Arab Saudi pada bulan februari 1976. Ayahnya yang juga seorang penceramah berharap besar kepadanya untuk meneruskan perjuangan itu. Apalagi beliau adalah anak sulung dari 12 bersaudara. Karena harapan besar dan permintaan itulah beliau mewujudkan harapan ayahnya. Sehingga pada usia 10 tahun telah menyelesaikan 30 juz hafalannya dan saat usia 13 tahun telah diperintahkan menjadi imam salah satu masjid di Madinah.

Setelah menyelesaikan pendidikan Aliyahnya, beliau melanjutkan pendidikan khusus untuk memperdalam alquran. Berguru kepada tokoh dan ulama ternama di kota Madinah dan di luar Madinah bersama Syeikh Muhammad Husein Al Qari’ (Ketua Ulama Qira’at di Pakistan), Syekh Said Adam (Ketua Pengurus Makam Rasulullah), Syeikh Khalilul Rahman (Ulama Alquran di Madinah dan Ahli Qiraat), Syekh Khalil Abdurahman (seorang ulama ahlul Quran di Kota Madinah), Syeikh Abdul Bari’as Subaity (Imam Masjid Nabawi dan Masjidil Haram), Syeikh Prof. Dr. Abdul Azis Al Qari’ (Ketua Majelis Ulama Percetakan Al-Qur’an Madinah dan Imam Masjid Quba),  dan Syeikh Muhammad Ramadhan (Ketua Majelis Tahfidzul Qur’an di Masjid Nabawi).

Sambil lalu menajamkan pengetahuannya pada ilmu tersebut beliau juga rutin berdakwah dan aktif mengajar hafalan alquran di masjid nabawi.

Berkarir dan berkeluarga di Indonesia
2008, saat usianya 32 tahun Syekh Jaber terbang ke Indonesia menuju Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ternyata menjadi pelabuhan hatinya kepada Umi Nadia. Beliau pun  di sana menjadi guru tahfidz (hapalan) Quran, Imam salat, khatib di Masjid Agung Al- Muttaqin Cakranegara Lombok.

Karirnya bersinar sejak beliau diminta menjadi imam salat tarawih, menjadi pembimbing tadarus quran, dan imam shalat ied  di masjid Sudan Kelapa, Menteng, Jakarta.  Tak jarang beliau berkeliling tanah air mensyiarkan Islam. Kehadiran beliau memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia karena dakwahnya yang menyejukkan, penyampaiannya sangat rinci, dan padat dengan ayat suci beserta hadist.

Sumber: twitter @syekhalijaber


Menata karir
* Pernah memperoleh penghargaan dari presiden RI ke 6
* 2011 resmi menjadi warga Republik Indonesia
* Mulai sering mengisi acara TV seperti TVone "Damai Indonesiaku" di RCTI sebagai juri hafizh Indonesia hingga menjadi aktor film "Surga Menanti"
* 2016 mendirikan yayasan syekh Ali Jaber berkantor di Jatinegara Jakarta untuk menyiarkan Islam lebih efektif dan melahirkan para penghafal alquran di Indonesia.

Mengetahui trade record beliau serasa ingin berguru langsung karena sanad keilmuannya. Tapi apalah daya sudah berumur huhuhu. Semoga Allah menakdirkan kelak bisa melahirkan anak yang dapat berguru ke beliau. Jika pun beliau telah terpanggil lebih dahulu olehNya, insya Allah anak beliau pun keilmuan dan hatinya juga memumpuni.

Pembaca budiman yang memiliki keingan yang sama semoga generasi yang kita lahirkan dapat bersahabat baik untuk kemudian jadi khalifah yang berbudi luhur untuk Indonesia pada khususnya dan bumi pada umumnya.

Referensi:
https://www.google.com/amp/s/
www.viva.co.id/amp/siapa/read/125-syaikh-ali-saleh-muhammad-ali-jaber
https://tafsirweb.com
https://medium.com/safaridakwah/10-manfaat-dzikir-dan-doa-dalam-sehari-hari-yang-harus-diketahui-6792cf369af4
Facebook: pemuda tobat

Baca Juga

Post a Comment

27 Comments

  1. Terima kasih sudah menuliskan ini mba, jadi tambah informasi dan referensi amalan untuk dilakukan setiap hari. Saya simpan di bookmark agar mudah di cari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama² saya pun menuliskan untuk mengingatkan diri hehe

      Delete
    2. terima kasih ya mba, udah sharing ini. Sedekah subuh nih, yang paling realistis yang aku bisa lakukan.

      Delete
  2. Waah ternyata udah jadi WNI yah. Aku baru tau perjalanan karir beliau lewat artikel ini. Thanks for sharing ka Ovi

    ReplyDelete
  3. Makasih mbak atas artikelnya. Saya jadi nambah pengetahuan tentang amalan harian. Semoga saja saya bisa istiqomah mengamalkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Saya pun berniat demikian utamanya sedekah subuh

      Delete
  4. Mantab nih, amalan sedekah subuhnya sangat perlu untuk ditiru. Semoga Allah selalu menjadikan kita orang-orang yang selelu sabar dan besyukur. Aamiinn.

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik pada amalan sedekah subuhnya. Insya Allah jadi ladang pahala bagi kita.

    ReplyDelete
  6. Amalan sedekah subuhnya semoga jadi ladang pahala bagi kita semua ya kak..Amin YRA..

    ReplyDelete
  7. Saya tertarik dengan pembahasan ketika mengusir jin atau roh jahat dengan menggunakan bahan garam. Kenapa ya harus garam? Kenapa ga cuka gitu biar lebih pedih kenanya? Apa ada kandungan khusus digaram yang dihubungkan dengan energi tak kasat mata tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya, garam mengandung energi positif untuk melawan energi negatif. Lebih dalam insya Allah, akan saya tindak lanjuti kandungan garam tersebut dan hubungannya dg mistis

      Delete
  8. Sangat bermanfaat artikelnya kak, bisa jadi amal jariyah yang tak akan putus. Thanks yaaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa menuliskannya kak minimal for reminding myself

      Delete
  9. Baru tahu profil beliau setelah baca postingan ini . . Kemarin sempat melihat beliau yang diundang Raffi Ahmad (artis) menjadi imam waktu lebaran kemarin.. dan sempat juga mendengarkan saran dan masukan beliau di tv one mengenai solusi pandemi di negri ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saat menuliskan ini pun saya berniat kelak akan memondokkan anak (padahal belum menikah 😂) di lembaga beliau. Kalau pun kelak, beliau telah di panggil sebelum sempat anak saya mondok di sana, setidaknya ada putranya😊

      Delete
  10. Saya tertarik tentang sedekah subuh. Memang dengan bersedekah, selain dapat pahala, juga malah bisa menambah rezeki dan sebagai pengobat penyakit. Yang penting ikhlas.. terima kasih artikelnya sngat bermanfaat bagi saya yang haus siraman rohani...

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat sekali artikelnya, harus coba praktekkin semuanya nih biar hidup semakin penuh akan makna.

    ReplyDelete
  12. masyaAllah tabarakallah...selalu senenf denger ceramah beliau yang singkat dan relate sm kehidupa sehari2. Ingat betul pertama kali kenal pas beliau suka diundang wisata hatinya ustad yusuf mansyur sekitar 8tahun yg lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kk. Udah memiliki raut rupawan, ilmu dalam, dan kemuliaan hati yang super masya Allah.

      Delete
  13. Baru tahu nih.. Ada amalan sedekah subuh.

    Mudah²an ke depannya bisa di amalkan nih

    ReplyDelete
  14. Kalau amalan sedekah shubuh dan shalawat, almarhum kakek saya mengajarkan hal yang sama. Kurang tahu beliau dapat ilmunya dari mana karena dulu mondok. Yang pengusir jin juga pernah diajari sama Kakek cuma saya belum praktikkan. Cuma sering2 baca ayat kursi sama 3 Qul aja sehabis salat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung sekali punya kakek yang tetap menasehati cucunya.

      Delete
  15. Panutan banget Sheikh Ali Jaber ini, saya baru tau beliau sejak ada program tv RCTI yaitu Tahfiz Qur'an dari beliaulah saya belajar tentang Qur'an yg baik dan benar

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sekali, untuk catatan dan amalan yang harus dicoba ini. Saya izin save ya agar mudah mengamalkannya satu per satu. Kan tidak bisa semua langsung dilakukan.
    Sekali lagi terima kasih...

    ReplyDelete
  17. Masyaallah kalau saya biasanya zikir pagi petang saja sudah membantu saya banget. kaya pakai baju besi untuk menangkal semua tolak bala. semoga kita semua Allah berikan keberkahan dan dijauhkan hal-hal yang buruk. Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Saya dulu pernasaran gimana Syekh Ali Jaber bisa datang ke Indonesia, ternyata begitu ya ceritanya. Pendakwah kelahiran Madinah ini memang sangat sejuk dalam berdakwah

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.