The journal of life

write to spread a love, theraphy healing, and to safe every single moment for make it lasting

Ini Dia Cokelat Kacang Lezat, Suguhan Tepat dan Praktis Saat Lebaran

35 comments
Menjelang lebaran, biasanya pada hilir mudik ke toko kue untuk membuat aneka suguhan untuk sanak saudara, kerabat, dan sahabat yang berkunjung ke rumah. Momentum inilah, bermacam kudapan berjejeran penuh di meja ruang tamu. Berupa kacang jaipong, wafer, kacang sembunyi,  rengginang, usus krispi, nastar, kue salju, dan lainnya yang biasa kami dapatkan setiap tahun di toko aneka makanan ringan untuk mengejar praktis.

Tapi lebaran kali ini akan berbeda. Semenjak pandemi menyerang dan harus mematuhi peraturan pemerintah untuk #stayathome dan #workformhome membuat sebagian orang termasuk keluarga saya jadi seret pemasukan. Tanpa mengurangi moment ramadan dan lebaran pada biasanya, membuat sendiri suguhan di atas membuat saya pribadi menjadi produktif saat di rumah saja terlebih sudah hampir dua bulan tidak berkegiatan jauh dari rumah menjadi alternatif penghilang rasa jenuh bin bosan.

Karena saya typical orang yang tidak suka ribet, cokelat kacang menjadi incaran untuk segera di buat. Bahan-bahannya sangat pasaran dan tidak membutuhkan tenaga ekstra hingga bercucuran keringat apalagi bercucuran darah hehehe. Cukup beberapa menit saja, santapan lezat dan cantik ini dapat membuat mata berkaca-kaca. Nah buat Emmak dan siapapun yang tidak terbiasa nge-dapur termasuk saya😁 kalau ini berhasil pasti girang dan jadi pengen coba lagi dan lagi resep lainnya.


Bahan bahan:
- 1 batang cokelat (boleh lebih jika ingin memperoleh hasil lebih banyak)
harga berkisar mulai dari Rp. 17.000
- kacang tanah semangkuk kecil (dapat menyesuaikan selera)
1/2 kg seharga Rp. 12.000
- cup
Per 25 biji seharaga Rp. 1000
- sprinkel
1/4 seharga Rp. 3000

Cara membuat:
- sangrai kacang terlebih dahulu sampai mengeras jika di gigit. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang, tunggu 4 menit agar kacang tidak panas kemudian lepas kulitnya dengan cara gosok-gosok menggunakan kedua tangan.
- masukkan batangan cokelat ke dalam panci dengan api kecil dan aduk terus sampai meleleh
- matikan kompor
- masukkan kacang yang sudah di sangrai ke dalam panci berisi cokelat yang sudah meleleh dan aduk hingga semua kacang tertutup cokelat
- tuangkan cokelat tersebut ke dalam cup menggunakan sendok kecil
- setelah selesai, taburkan sprinkle di atas cokelat kacang tersebut.
- dan.. Selesai kini tunggu hingga kacang cokelat mengeras hingga siap di kemas.

Gimana, mudah sekali bukan?


Manfaata cokelat dan kacang
Dikutip dari jurnal kementerian  perindustrian bahwa Cokelat mengandung polifenol yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas juga mengurangi kolesterol pada darah hingga mengecilkan kemungkinan terserang penyakit jantung, juga berguna membunuh tumbuhnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke, dan tidak menyumbat pembuluh darah.
Sedangkan kacang, dikutip dari jurnal Litbang pertanian mengandung protein 26-28% lebih tinggi dari pada telur, susu, dan daging. Kemudian menyimpan energi lebih lama karena mempunyai indeks glisemik rendah dan mengandung vitamin dan esensial yang tinggi yang diperlukan oleh tubuh seperti; vitamin E sebagai perlindungan sel jaringan badan dari kerusakan, fosfor sebagai perbaikan dan pertumbuhan tulang dan gigi, niasin sebagai pelepasan tenaga, susunan serat dan berbagai manfaat lainnya.

Hati-hati dan wasada
Meski cokelat dan kacang memiliki banyak manfaat tapi sebagai konsumen tetap harus hati-hati dalam memilih bahan-bahan berkualitas sebab jika mengkonsumsi bahan bermutu jelek dapat berakibat fatal pada kesehatan. Dan saat mengkonsumsi makanan apapun hendaklah jangan berlebihan sebab Allah tidak menyukainya. Selain terlihat rakus juga mengandung kemudaratan bagi hambaNya.
~happy trying❤


Ovi RoRo
Indonesian | Muslimah | Blogger | Podcaster | Academician | Madura Island | Dewata Island.

Related Posts

Comments

  1. Ya ampun mbaa gampang bangetttttt sihhh. Ini mah kesukaan anak-anak banget. Wajib dicoba. Makasih resepnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cokelat memang menempati hati setiap anak² yaaa

      Delete
  2. Mudah ya resepnya mbak. Bisa jadi ide nih untuk dibikin di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sila di coba bunda. Lumayan bikin produktif hehe

      Delete
  3. Cara buatnya mudah ya, bahannya juga gampang di dapat. Kebetulan anakku suka banget coklat jadi mau coba ahh. Makasih.

    ReplyDelete
  4. Ramadanku kali ini, buat lebaran kue suguhannya juga ce-coklat-an, tapi ga bikin sendiri. Beliii ��

    ReplyDelete
  5. Wah mudah banget ini, ijin untuk praktekkin kak so pecinta coklat hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah kesukaan saya banget ini. Tapi saya suka makannya doang, kalo bikinnya saya percayakan ke orang lain saja. Wk wk. ..

    ReplyDelete
  7. ini pasti enak banget. aku pecinta kacang dan coklat. Jadi ini bisa jadi cemilan fav aku juga. Terima kasih untuk sharing resepnya ya ka

    ReplyDelete
  8. Cocok nihh untuk penikmat coklat seperti saya. Kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli.

    ReplyDelete
  9. Mudah bikinnya ya, kue ini biasanya yg paling banyak diserbu anak-anak waktu
    lebaran

    ReplyDelete
  10. Kalau kebanyakan makan cokelat katanya bisa bikin tumbuh jerawat, bener ga ya min?

    ReplyDelete
  11. wah anak-anak bisa doyan nih mbak ovi. aku belum pernah coba sih resep coklat yang mbak shar, pernah tapi pake corn flakes, coba ah next time

    ReplyDelete
  12. Wow mantaaapp ka Ovii. Mau cobain aaahh, resepnya bakal jd highlights hihi

    ReplyDelete
  13. Para pencinta coklat, saatnya untuk mengeksekusi kue penambah toples saat lebaran tiba. Terima kasih atas resepnya ya kak.

    ReplyDelete
  14. ah syukaaa banget ama resep yang simple bin mudah kek gini, dan siapa yang gak menolak coklat, ualala... makasih kak

    ReplyDelete
  15. Wah enak nih bisa buat coklat kacang sendiri dirumah. Gak harus jauh-jauh beli ke kampung coklat Blitar. Kalau suami pengen tinggal bikinin aja, makasih kak resepnya.

    ReplyDelete
  16. Kacang dan coklat, dua makanan yg emang enak dan digemari. Kl disatukan ya enak betul hehe
    Makasih resepnya. Mudah ya ternyata

    ReplyDelete
  17. Susah buat menolak kalau lebaran disuguhi kue berbahan kacang kayak begini. Padahal bikin kalorid an asam urat meninggi, duh dilematis :D

    ReplyDelete
  18. Noted nih Kak Ovi, jadi ngiler paling suka coklat ama kacang soalnya hihi

    ReplyDelete
  19. Kacang dan coklat adalah dua bahan yang disukai kebanyakan orang. Lalu jika ada satu resep kue dan itu kelihatan cakep banget. Plus enak pasti, rasanya pingin segera nyobain dah.

    HEhehe

    ReplyDelete
  20. Wow kacang dan cokelat 😍.

    Cara buatnya lumayan mudah nih. Cocok juga buat saya pria yang cukup hobi bikin kudapan ringan namun enak.

    ReplyDelete
  21. Cepat dan mudah ya kak. Suguhan ini paling cepet habis diserbu anak anak pas lebaran. Kira-kira lebaran kali ini bakal ada saling berkunjung gak ya?

    ReplyDelete
  22. Laris manis nih kalo ada anak-anak nyerbu datang ke rumah. Hehehe. Sebagian anak mungkin gak begitu suka kacang karena masir, tapi karena dipadu cokelat jadinya enak dan lupa kalo lagi makan kacang. Hihihi

    ReplyDelete
  23. kacang tanahnya bisa pakai yg tanpa kulit kah kak? jadi ga perlu dikupas lg kulitnya ehh tp klo disangrai kacang tanah tanpa kulit apa jd pahit ya?

    ReplyDelete
  24. wah mau buat juga ah, sepertinya menggiurkan nih untuk cemilan pas lebaran, hehe. makasih resep dan sharingnya mba. mau langsung cobaaa.

    ReplyDelete
  25. Ahirnya Nemu resep kue lebaran enak dan nggak ribet wkwk.. aku suka ni kak semua kue yang berbau kacang. Besok mau coba ah

    ReplyDelete
  26. Coklatnya bisa diganti coklat milo yang kotak2 terus dilelehkan dan kacangnya diganti kacang mede atau yang lainnya bole kan ya ? jadi mau coba nie .

    ReplyDelete
  27. Cokelat dan kacang nih dua makanan yang gampang banget bikin aku jerawatan. Makanya, biarpun doyan, keduanya aku makan secukupnya. Sedikit dulu, sedikit lagi, whoaaa ... Sedikit sedikit tapi sering. Gimana ini, Mbak?

    ReplyDelete
  28. Waaahhh mudah banget mba :). Jd pengen bikin sendiri juga. Secara aku jg biasanya selalu beli Krn ga jago bikin cookies dan ga punya oven juga. Tp THN ini aku beli ga sebanyak biasa Krn udh yakin g bakal ada tamu. Tp resep di atas kayaknya menarik, apalagi anak2 dan suami suka banget coklat, dan aku suka kacang :). Klop jadinya :D

    ReplyDelete
  29. Aku penggemar kacang, nih. Mau dijadikan rasa gurih, manis, maupun pedas, suka semua. Tapi jarang banget sedia kacang di rumah karena ibuku sudah nggak ada giginya. Gigi palsu dilepas karena nggak nyaman dipakai. Jadi sebisa mungkin makanan yang kubuat di rumah bisa mengakomodir kebutuhan semua penghuni, huehehehe ... Biar nggak ada yang sedih.

    ReplyDelete
  30. Yaampun gampang banget ternyata bikinnya. Jadi pengen bikin. Kebiasaan saya dan ibu di rumah yg ga suka ribet, lebih suka beli jajanan lebaran dibanding bikin.

    ReplyDelete
  31. kalo aku punya alat dan bahan untuk memasak coklat, aku akan menyuruh pacarku untuk membuatnya saat hari raya lebaran

    ReplyDelete
  32. Murah meriah ya kalo pake kacang, daripada pake kacang mede yang mahal

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter