5 JENIS PERAYAAN INTERNASIONAL YANG PERLU KAMU KETAHUI

Tak etis rasanya sebagai sesama warga bumi hanya tahu perayaan sang doi padahal saudara kemanusian dibelahan bumi lainnya membutuhkan ulur tangan saudaranya. Sudahkah kamu tahu minimal 5 jenis perayaan ini? Jika ada suatu perayaan yang bersinggungan dengan agama, anggaplah sebuah keunikan yang patut kita banggakan sebab apapun agama, warna kulit, rupa wajah, dan bentuk rumah yang ditempati, kitalah pemimpin dunia yang patut saling bergandengan!

Berikut 5 jenis perayaan internasional yang perlu diketahui dan di ingat baik-baik beserta ulasan perayaannya.


World Humanitarian Day
19 Agustus diperingati sebagai hari kemanusiaan dunia untuk mengenang keberanian orang-orang yang telah mendedikasikan dirinya bekerja untuk kepentingan saudara belahan dunia lainnya. Mereka adalah orang yang memiliki kebesaran hati meski bahaya dan resiko di depan mata namun niat tulus untuk segera mengakhiri konflik dunia tak membuat mereka gentar.

Salah satu contoh konflik krisis kemanusiaan dunia terjadi di Yaman. Dimana perang saudara berlangsung sejak 2015 hingga sekarang meski dunia sedang riuh oleh kedatangan virus kecil bernama corona yang masih betah di bumi. Dua faksi antara pemimpin pemerintah Yaman Abdrabbuh Mansur Hadi yang didukung oleh koalisi 10 negara dari negara mayoritas muslim Sunni, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan UEA melawan gerakan bersenjata Houthi anggota minoritas muslim Shia Zaidi yang disebut-sebut didukung oleh Iran.

Mereka masih tetap sama-sama angkuh bahkan keduanya mengklaim sebagai pemerintah resmi Yaman. Pasukan Houthi saat ini mengendalikan ibu kota Sanaʽa, bersekutu dengan pasukan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh sehingga bentrok dengan pasukan yang setia kepada Hadi yang bermarkas di Aden.

Menurut United Nation Peperangan yang terjadi mengakibatkan kekurangan bahan pangan hingga 75 % dengan populasi sekitar 22 miliar sedangkan dalam unggahan matamatapolitik sebuah portal berita politik dunia menggunggah bahwa pada tahun 2019 lebih dari 10 ribu orang tewas dan 8,4 juta orang menghadapi bencana kelaparan yang mematikan. Mereka adalah rang-orang yang membutuhkan keadilan, pertolongan, dan perlindungan.

Sumber: Islam pos

Sementara beberapa contoh negara lain yang masih juga berkonflik, memaksa penduduknya untuk mengungsi.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mereka yang menjadi korban adalah:

  • Kaji permasalahan yang sedang dunia hadapi secara spesifik . Hal ini akan membantu menemukan jalan keluar yang tepat.
  • Lakukan petisi online. Saat ini media sosial juga dapat berfungsi untuk menghimpun aspirasi masyarakat luas sehingga memberikan ruang untuk melakukan perubahan. Netizen dapat menggalang dukungan melalui penandatanganan petisi. Setiap tanda pendukung secara otomatis akan dikirimkan melalui email yang berisi petisi kepada target yang dituju yaitu pembuat kebijakan.
  • Meminta pemimpin dunia untuk meningkatkan bantuannya untuk mereka yang berada di negara konflik atau mereka yang tinggal  di pengungsian. Hal ini akan membantu mereka agar tidak kelaparan, sakit-sakitan, dan tetap dalam kondisi yang stabil.


International Human Trafficking Day
30 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai hari perdagangan manusia. Human trafficking merupakan  jenis kejahatan dan pelanggaran terhadap hak hidup manusia. Prosesnya sangat sistematik dengan memanfaatkan kelemahan, ketidaktahuan dan ketidakberdayaan korban.Tujuannya adalah untuk eksploitasi, baik dalam bentuk prostitusi, pornografi, kekerasan/eksploitasi seksual, nikah dini, kerja paksa, dengan upah yang tidak layak, dan perbudakan atau praktik lain yang serupa.


Tahap-tahap untuk memasukkan sasaran ke dalam perangkap tipu muslihat sebagai berikut:
Perekrutan
a. Informasi tidak benar tentang pekerjaan
b. Pemalsuan dokumen resmi (KTP, paspor, izin keluarga)
c. Pungutan liar / Penjeratan utang
Pra Keberangkatan
a. Pembatasan kebebasan bergerak
b. Pelecehan dan kekerasan seksual
c. Penjeratan utang
Di   Negara Tujuan
a. Kondisi atau jenis pekerjaan tidak sesuai kontrak dan/atau perjanjian lisan dengan buruh, antara lain ditempatkan di rumah bordil
b. Buruh ditugaskan di majikan baru di negara penerima tanpa persetujuannya, dan dalam beberapa kasus, dengan pemaksaan dan kekerasan fisik, antara lain untuk prostitusi
c. Kekerasan fisik, psikis dan seksual
d. Penyekapan ilegal
e. Penahanan identifikasi dan dokumen
f. imigrasi
g. Upah dipotong atau tidak dibaya
Sumber : Koalisi LSM Indonesia (Dalam Rosenberg, 2003)

Tindakan kriminal ini telah diperkirakan  merauk keuntungan hingga U$$150 Milyar pertahunnya. Jika dilakukan konverter, maka 150.00 USD sama dengan  2148157.50 IDR
International Literacy Day
Pernahkah kamu melakukan perjalanan kesuatu daerah yang sama sekali tidak kamu mengerti bahasanya (bukan bahasa sehari-harimu)? Jika tidak, maka berpura-puralah seolah berada di sana. Apa yang kamu rasakan? Sedangkan disana, hanya kamulah satu-satunya yang tidak berbahasa tersebut dan tak ada satupun yang mengerti bahasamu. Kemampuan minim yang bisa diandalkan hanyalah bahasa isyarat. Tentunya kamu tidak akan memiliki daya apapun bukan? Cerita ini adalah sebuah sampel bagaimana sulitnya seseorang ketika tidak memiliki kemampuan baca yang cukup baik. Dan hal ini masih terjadi kepada penduduk bumi. Makanya setiap tahun 08 September diperingati sebagai hari literasi dunia sejak 1967.

Acara tahunan ini membawa perhatian kepada orang-orang di seluruh dunia yang mengalami buta aksara untuk melawan dan mau membawa kemajuan besar minimal untuk dirinya sendiri.

Setiap 08 September UNESCO menyelenggarakan award ceremony di Paris yang mana hadiah diberikan kepada masing-masing individu atau organisasi yang berjuang keras agar melek literasi. Contoh negara yang masih termasuk illiterasi adalah Afrika dan bagian Asia selatan berada pada level 30%. Dari itulah terdapat hubungan yang sangat kuat antara buta huruf dan kemiskinan. Seseorang yang tidak mengalami buta aksara akan memperoleh kehidupan yang lebih baik seperti mudah mendapatkan uang, dan hidup lebih sehat.


Study dari United Nation menunjukkan bahwa hampir 83% dari tingkat jenis kelamin, perempuan lebih besar ketidak mampuanannya dalam literasi ketimbang laki-laki. Hal ini dipicu oleh faktor terbatasnya perempuan mengenyam pendidikan ketimbang laki-laki dan beberapa negara di suatu daerah masih menjungjung tinggi bahwa menikah muda adalah solusi tepat untuk pengentasan kemiskinan dan tempat perlindungan terbaik padahal jika perempuan memiliki pengetahuan yang cukup sebelum menikah, akan menjadi bekalnya menghadapi kehidupan rumah tangga yang lebih menantang dari pada saat masih single. Dari itulah banyak organisasi yang mencoba memberikan support melalui berbagai platform untuk bersinergi, dan memberi wewenang kepada perempuan dengan diajari beberapa hal terkait skill dalam literasi. Lalu, bagaimana statistik laki-laki? Study United Nation menunjukkan bahwa 90% kaum laki-laki diseluruh dunia lebih memiliki kemampuan dalam baca-tulis. Tetapi dibeberapa bagian negara barat menunjukkan bahwa umumnya kemampuan perempuan lebih baik dari pada laki-laki.

Seiring masuknya zaman pada peradaban digital membawa dampak perubahan pada pembelajaran terhadap baca-tulis yang dapat mudah diakses dengan internet menggunakan gadget yang rata-rata orang miliki berupa komputer, laptop, bahkan smartphone. UNESCO menyarankan bahwa melek terhadap literasi menjadi sangat penting dari apapun maka, peningkatan literasi harus dibarengi dengan kemampuan teknologi dalam mengakses browser, mencipatakan dokumen, atau minimal mengiirm pesan. Oh iya, sadarkah kamu bahwa untuk menindak lanjuti aksi yang sudah berjalan sepanjang tahun, banyak perpustakaan dan universitas mengorganisir acara untuk merayakan  peringatan hari literasi internasional ini bahkan tak jarang mengundang penulis terkenal untuk terlibat dengan mereka.

World Teachers’ Day
Beberapa orang yang memiliki pengaruh dan kesuksesan dalam hidupnya, pasti dipengaruhi oleh peran seorang guru di masa kecil maupun dewasanya. Beberapa contoh berikut ini sedikit besar insya Allah akan menyadarkanmu betapa posisi dan peran guru tidak bisa dikesampingkan apalagi dilupakan.

pernahkah teman kampusmu bercerita kalau ia berkuliah di jurusan yang ia tempuh karena terinspirasi dari ilmu (semisal) kimia yang diajari gurunya waktu SMA? karena itulah ia termotivasi untuk menjadi ahli di bidang tersebut sehingga akhirnya ia lulus dengan prestasi gemilang dan mendapatkan pekerjaan mapan!

Lain cerita dengan seorang juri tahfidz quran di RCTI. Beliau seorang syeikh yang dalam pengetahuan agamanya utamanya mengenai alquran karena saat belia sudah menuntaskan harapannya  tahun telah menyelesaikan hafalan qurannya kemudian memperdalam keilmuan terkait alquran bukan saja cara membaca sesuai dengan beberapa lagu, ilmu tajwid, bahkan paham terkait asbabun Nuzul, dan segala yang berkaitan dengan quran. Itu karena beliau berguru kepada ahlinya langsung saat di Madinah.


Ada ribuan cerita dari mereka atas keberhasilannya meraih impian karena figur guru yang menuntun. Oleh karenanya sebagai bentuk apresiasi, UNESCO merayakan hari guru international yang jatuh pada 05 Oktober tiap tahunnya bahkan UNESCO berharap dapat melakukan training terhadap 69 miliar guru baru pada tahun 2030 agar setiap orang bisa pergi ke sekolah tanpa khawatir tidak ada pengajar dalam kelas. Sebab 264 miliar anak-anak tidak pergi ke sekolah dengan alasan jarang bahkan tidak ada gurunya. Anak-anak tersebut biasanya berada di sebuah daerah miskin dan jauh dari perkotaan. Sebagai pihak utama, UNESCO memiliki pandangan bahwa International Teacher’s Day merupakan wujud dari pemahaman, apresiasi, dan kepedulian terhadap guru. Hal ini sesuai dengan peran penting guru yang memberikan ilmu kepada para muridnya demi membangun generasi yang lebih baik. Sehingga melalui pendidikan yang diberikan guru, para murid mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya untuk menghasilkan suatu pembaharuan.

Halloween Days
Pertama kali saat mendengar kata “halloween” mungkin yang tersirat dibenakmu adalah sebuah labu ukir yang menakutkan, jenis pakaian yang mencolok, dan anak-anak meminta permen. Dan kebiasaan itu berasal dari Amerika! Padahal kenyataannya orang Amerika dan Kanadalah yang mengadopsinya kemudian juga diikuti perayaannya oleh negara lain.

Sebenarnya Halloween berasal dari tradisi festifal Celtic kuno Samhain adalah tahun baru celtic festifal saat musim panas. Pada zaman dahulu orang-orang menyalakan api unggun dan mengenakan kostum untuk mengusir hantu. Sebagian juga menganggap tradisi Celtic kuno merupakan momen untuk berkomunikasi dengan orang yang telah meninggal dunia.



Tradisi ini sebenarnya terjadi pada abad ke 16 di Irlandia, Skotlandia, dan Inggris. Untuk memperingati peristiwa itu, Druid membangun api unggun besar yang sakral, tempat orang-orang berkumpul untuk membakar tanaman dan hewan sebagai pengorbanan bagi para dewa Celtic. Selama perayaan, bangsa Celtic mengenakan kostum yang biasanya berasal dari kepala dan kulit binatang, dan mereka saling menceritakan nasib satu sama lain. Ketika perayaan itu selesai, mereka menyalakan perapian dari api unggun suci untuk membantu melindungi mereka selama musim dingin yang akan datang.

Bangsa Celtic hidup 2.000 tahun yang lalu, sebagian besar keturunan mereka kini berada di Irlandia, Inggris, dan Prancis utara. Seiring waktu, Halloween berevolusi menjadi kegiatan menyenangkan seperti trick or treat, ukiran jack-o-lanterns pada labu, berkumpul, mengenakan kostum unik, dan makan-makan. Dulu “trick atau treat” adalah tradisi lain selain Halloween yang dimulai di Eropa, kemudian Inggris. Waktu itu gereja memperkenalkan “soul day” orang kaya akan memberikan orang miskin “soul cake” sebuah kue kecil terbuat dari bumbu dan kismis. Hal itu dianggap sebagai pengganti tradisi Celtic yang biasa meninggalkan makanan diluar rumahnya untuk para hantu.

Pada akhir 1800-an, ada kebiasaan di Amerika membuat perayaan Halloween menjadi hiburan, berkumpul dengan komunitas dan tetangga. Tidak ada lagi membahas tentang hantu, lelucon, dan sihir. Pada pergantian abad, pesta Halloween untuk anak-anak dan orang dewasa menjadi cara paling umum untuk dirayakan. Orang-orang kini fokus pada permainan, pesta, dan kostum yang meriah. Di Amerika, Halloween menjadi festifal komersial terbesar kedua setelah Cristmas tetapi tidak terlalu besar perayanya bagi negara lain bahkan dari negara pertama tradisi ini dimulai.

Referensi:
British council podcast
Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 3, Nomor 3, Agustus 2018 www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP
https://www.matamatapolitik.com/awal-mula-perang-yaman-mengapa-konflik-terus-memburuk-in-depth/
https://www.researchgate.net/publication/335443298_MEMAHAMI_HUMAN_TRAFFICKING_DI_INDONESIA

Baca Juga

Post a Comment

23 Comments

  1. Pernah baca juga soal ini. Budaya yang sebenernya kalau diakulturasi ke Indonesia tuh ngga banget yaah. Tapi aku sering lihat orang2 juga ikutan tanyain Halloween. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan sastra inggris di salah satu kampus Surabaya halloween ini malah jadi annual eventnya mereka lhooo kk

      Delete
  2. Com

    Sebenarnya saya sangat mengagumi beberapa budaya luar Negeri atau Internasional, tapi cintaku pada Indonesia seperti Lagu Nasional yang selalu asyik untuk dilantunkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ashiap 86 kakak. Karena hubbul Wathon minal iman bukan 😊

      Delete
  3. Sangking banyaknya tanggal2 penting sampe kadang lupa. Namun, yang terpenting kita tau maknanya tujuannya untuk apa. Iya gak sih

    ReplyDelete
  4. Halo kak, artikelnya menarik seolah mengingatkan hari-hari perayaan itu...
    Alangkah senangnya kalau ada event seru untuk memperingati hari-hari itu.
    Karean biasanya, kita lebih memiliki awareness terhadap hari-hari itu, apalagi yang mengusung sosial-kemanusiaan, bagus itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sependek yang aku tahu komunitas komunitas yg bergerak untuk kemanusiaan sering kok di undang dalam acara begituan yg di ikuti oleh berbagi penjuru negeri bumi

      Delete
  5. Kalau untuk perayaan halloween pasti sudah pada tahu banget ya k meski kadang lupa tanggalnya, selain itu saya baru tahu ada peringatan hari seperti hari memperingati perdagangan manusia dan lain-lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya😊 ketimbang halloween aku lebih tertarik kepercayaan perdagangan orang itu lhooo apalagi pas perayaannya misl, dimentori agar dirinya ini lebih aware gtu dn cerdas menanggapi hal² berbau penipuan

      Delete
  6. Bnyk perayaan besar dunia khususnya yg berkaitan dng kemanusiaan ..bagus untuk dipelajari makna perayaan kemanusiaan ya..karena kemanusiaan itu diatas segalanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sangat kak. Aku pun tertarik u/mengkaji nya lebih dalam

      Delete
  7. Di Bogor sy pernah masuk ke museum kepresidenan yg msh satu area dng kebun ry Bogor..museum jmn now emang jauh lbh bagus ya kak ga bikin bosen dan layout dibuat menarik hehe

    ReplyDelete
  8. Untuk petisi online kekuatannya sebesar apa ya mbak sebetulnya? Saya beberapa kali mengisi petisi daring tapi pada akhirnya tidak ada perubahan apa pun, jika pun ada, hanya pada kasus-kasus kecil. Pada pemerintahan ini tampaknya kritik apapun dapat berbuah hukuman. Agak skeptis ya jadinya.

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata ada banyak ya hari perayaan di dunia. Tentunya hari perayaan tersebut memiliki tujuan yang baik misalnya hari literasi dan hari guru tadi. Perayaan ini juga mengingatkan kepada kita supaya turut pula melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Seperti mendukung gerakan literasi dan juga untuk menghargai perjuangan dan jasa dari guru

    ReplyDelete
  10. International Teacher’s Day atau hari guru internasional adalah harinya saya juga. Di Indonesiapun ada hari guru, sayangnya hari itu sekedar peringatan seremonial saja, tidak ada apresiasi berarti sih dari masyarakat pada umumnya. Suara hati guru ini mah ha-ha-ha

    ReplyDelete
  11. Perayaan internasional begini apalagi yang berhubungan dengan kemanusiaan membuat kita jadi tahu ya bahwa angka kejahatan akibat perbuatan tidak manusiawi seperti traficking itu tinggi banget. Semoga dengan mengetahuinya, kita jadi bisa memutuskan mata rantai tersebut dengan mulai memberikan pendidikan terbaik dari dalam rumah. Aku percaya, rumah seharusnya menjadi awal mula seseorang menjadi kuat dan berdaya.

    ReplyDelete
  12. Tq infonya. Jujut kalau internasional ga tau. Taunya paling dr medaos. Ada juga kan ya fatherday, motherday, hari bumi dll hehe

    ReplyDelete
  13. Haloween kayaknya cepat tenar di Indonesia dari pada perayaan lainnya ya. Padahal perayaan yang lainnya lebih banyak nilai positifnya. hmmm

    ReplyDelete
  14. Yg International Teachers Day samaan sm dalam negeri ya ada hari guru. Btw hari dosen ga ada ya hehe

    ReplyDelete
  15. Jarang nemu artikel yg memuat informasi kayak gini. Keliatannya receh utk tahu jenis2 perayaan internasional, tp dgn baca ini kita jadi tahu apa latar belakang dan tujuan dibalik perayaan ini

    ReplyDelete
  16. Beberapa perayaan di atas saya sudah tahu tapi untuk yg hari teacher day ini saya baru banget buat saya. Terima kasih infonya kak ovi!

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.