Peluang Potensial Bagi Barista Berbisnis Zaman Now

Cuma segelas kopi yang bercerita kepadaku bahwa yang hitam tak selalu kotor dan yang pahit tak selalu menyedihkan~ dee lestari
Kopi menjadi tren baru untuk anak muda saat ini. Meski, minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala dan identik hanya sebagai minuman harian orangtua. Namun, seiring berubahnya zaman, pengusaha warung kopi berkonsep kafe seperti yang ada di barat mulai menjamur di Indonesia sehingga minum kopi menjadi familiar sebagai minuman semua orang tanpa memandang usia.

Kopi tak pernah memilih siapa yang layak menikmatinya. Karena di hadapan kopi, kita semua sama. ~ dalam buku filosofi kopi

Apalagi tanah ibu pertiwi ini menjadi salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Dikutip dari website banceeloncaffe bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia.  Tidak  heran  kopi buatan  Indonesia  tidak  hanya  dikenal  di  negeri sendiri, namun sudah terkenal hingga ke mancanegara.


Pada tahun 2012 saja, permintaan kopi dalam negeri telah mencapai lebih dari 250 ribu ton. Segmen bisnis kedai kopi pun selalu tumbuh lebih dari 10% dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini menandakan bahwa bisnis kedai kopi memiliki potensi untuk dimasuki oleh para pelaku usaha dengan indikasi produksi yang baik dan banyak kemudian didukung dengan konsumen yang tepat.

9 provinsi  intensifikasi  kopi 

  • Kopi arabika  diantaranya  : Jawa  Timur, Jawa  Barat,  Aceh,  Sumatera  Utara,  Sumatera  Barat,  Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua.
  • kopi  robusta  terdapat  di  10  provinsi  meliputi  :  Jawa  Tengah, Aceh,  Sumatera  Selatan,  Lampung,  Sulawesi  Tengah,  Sulawesi  Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu dan Sulawesi Barat.
Sumber: pinterest

Dari sekian provinsi di atas, penghasil  kopi terkenal  di Indonesia  adalah  Bengkulu.  Kopi Bengkulu  ditanam pada ketinggian  700 – 1.500 Mdpl dan memiliki cita rasa aroma buah seperti lemon, cokelat dan herba yang khas. Kopi ini dihasilkan oleh petani di daerah Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan beberapa daerah lainnya.   Kopi Bengkulu dibudidayakan oleh masyarakat secara organik, sehingga taste rasanya unik,  nikmat,  aromanya  khas  dan  tentunya  menyehatkan  karena  dipelihara secara organic.

Kedai kopi sebagai industri bisnis kekinian
kedai kopi berasal dari bahasa Perancis, yaitu cafe artinya kopi. Saat ini menjadi bisnis yang tak lekang oleh zaman karena memiliki peluang yang cukup potensial. Didukung dengan adaptifnya anak muda dengan zaman digital sehingga mampu membuat perubahan konsep gerai yang unik dan instagramable juga penyajian dan pengemasan kekinian oleh seorang barista yang sangat kreatif dengan beragam metode mulai dari espresso hingga manual brewing (teknik seduh). Untuk itu melahirkan pemuda berbakat dalam penyajian kopi tentu harus melewati proses menempa keilmuan yang cukup.
Berikut beragam jenis kopi kekinian.
  • Untuk seduh manual
- single origin
- blend
  • Untuk espresso
- espresso murni (ekstrak biji kopi) terdiri dari ristretto dan lungo.
- espresso campuran.
Sementara espresso campuran punya banyak turunan seperti pada gambar di bawah ini.

Sumber: pinterest

Menjamurnya kedai kopi kekinian atau bahasa trendinya coffe shop menjadi lifestyle anak muda saat ini yang berfungsi sebagai pusat interaksi sosial (meeting point) untuk nongkrong, kencan, mengusir rasa ngantuk, atau mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor ataupun rapat dengan kolega. Dari itulah warung kopi menjadi ruang publik terbuka bagi masyarakat dari seluruh lapisan untuk bertemu dan berdiskusi dengan komunitasnya hingga melahirkan banyak gagasan. Tak sedikit juga lhoo coffe shop di berbagai penjuru daerah juga menyediakan buku bacaan hingga menjadi perpaduan yang pas antara kopi, buku, dan tempat yang nyaman. Dari beragam alasan itulah usaha warung kopi menjadi peluang yang pas untuk ditekuni agar memperoleh keuntungan yang melimpah.

Kesuksesan coffee shop beriringan dengan kemampuan barista
Selayaknya buku yang best seller karena kemampuan penulis yang memiliki kelihaian dalam memilih diksi dan merangkai kata begitu pula dengan kesuksesan sebuah kedai kopi berada pada tangan  barista dalam memilih kopi, meracik, menyeduh, dan menyajikannya kepada pelanggan yang datang.

Sayangnya hingga saat ini belum ada institusi yang melahirkan sarjana seperti sastarawan maupun koki. Untungnya ada bencoolen coffee brand perusahaan yang didirikan untuk mambangun usaha kopi guna meningkatkan kesejahteraan petani dan memberikan pelatihan kopi dan barista kepada pemuda guna mencetak peracik kopi terampil.

Kartu prakerja dan pelatihan barista
Pemerintah telah menggulirkan Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.
Sumber. Prakerja.bencoolencoffe.com

Maka dari itu, bencoolen coffee memberikan pelatihan di bidang kopi bagi siapapun yang ingin membuka usaha kopi kekinian tetapi bingung bagaimana caranya. Juga bagi yang ingin jadi barista handal , pemasaran Kopi secara online maupun menjadi agen Kopi Indonesia di wilayah sendiri. Baik membuka di rumah, di kantin sekolah, di pasar dan di tempat-tempat keramaian lainnya.

Manfaat mengikuti pelatihan barista
Suatu ilmu bisa didapat karena belajar, dipraktekan dan dilatih. Kemudian menuai manfaat kepada tuannya. Oleh karena itu berikut manfaat mengikuti pelatihan barista yang disediakan oleh bencoolen coffee melalui program prakerja.

Sumber: prakerja.bencoolencoffee.com

  • Pengetahuan dalam bidang Kopi
Anda akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis kopi, kemampuan mnerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi, dan penjelasan tugas profesi barista.

  • Barista Handal
Anda akan diberikan tips dan trik dalam meracikan kopi standar barista juga mendapat pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.

  • Memahami Kebutuhan Menjadi Barista
Selain pemahaman jenis kopi, juga karakteristiknya, cara meracik kopi, memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista

  • Wirausaha Warung Kopi
Pelatihan ini akan memberikan peluang membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim. Dimana Anda bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Sumber:  prakerja.bencoolencoffe.com

Gimana, tertarik untuk ikut melakukan bisnis kekinian? Jangan lupa asah kemampuan sebelum terjun ke medan bisnis agar hasil lebih maximal dengan klik tahutannya untuk mendaftar.

Siapa saja yang bisa mengikuti pelatihan ini?
Yang dapat mengikuti pelatihan ini adalah :
- Para kaum milenial
- Pemilik UMKM
- Masyarakat umum yang tertarik untuk membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim.
- Para peserta prakerja yang sudah memiliki kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi terdiri dari para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Syarat mengikuti pelatihan ini
Tidak ada syarat khusus dalam mengikuti pelatihan ini kecuali peserta harus memiliki gadget dengan koneksi internet yang stabil untuk mengunduh aplikasi zoom dan selama materi berlangsung tak lupa juga sedikan alat tulis untuk mencatat yaaa.

Wah kesempatan langka yaa. yuk gunakan peluang ini karena kesempatan emas tidak akan datang dua kali. Mari terus belajar mengasah diri karena tidak ada ilmu yang sia-sia.
Menunda melakukan sesuatu yang baik, akan memperpanjang kegagalan meraih kesuksesan hingga tak terasa menua dengan menyisakan penyesalan~oviroro

Referensi:
ThaqÃfiyyÃT, Vol. 13, No. 1, Juni 2012
Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No. 1, Juni 2017 : 33 – 47
Jurnal Ilmu Sosial Vol. 15 | No. 2 | November 2016 | Hal. 137-149
https://kumparan.com/kumparanfood/kedai-kopi-melintasi-masa/full
bencoolencoffee.com

Baca Juga

Post a Comment

40 Comments

  1. Iya lho bener. Sekarang ini lagi menjamur kedai-kedai kopi
    Dengan beragam rasa dan racikan tentunya
    Semoga kopi nusantara makin maju ya dan para barista juga makin lihai meracik kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak. Semoga petani kopipun makin sejahtera

      Delete
  2. Pelatihan Barista saat pandemi spti ini membantu banget ya kak..terutama untuk yg membutuhkan pendapatan cepat..karena dengan memiliki pengalaman sbg barista maka setidaknya bisa membuka lapangan pekerjaan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Yang penting pelajari duku ilmunya.😊

      Delete
  3. Kok lengkap beutttt ya Mba pelatihan di kartu pra kerja.. sampe pelatihan barista pun ada. Kereeeen. Apalagi kede kopi di mana-mana jadi trend .
    Layak coba ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih lengkap juga dengan perdebatan pro kontranya hehe

      Delete
  4. Kopi semakin menancapkan diri sebagai simbol gaul dan teman bertemu teman. Di sini juga kedai kopi dari yang lesehan sampai yang ekslusif, selalu penuh setiap malam - sebelum ada pandemi ini.

    ReplyDelete
  5. Info penting nih buat adekku yang mau buka usaha kopi. Penting nih pelatihan barista, saat usaha kopi kian menjamur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap kak semoga adeknya bisa menjadi barista handal yaaa

      Delete
  6. Nice info mbak. Jadi pengin jadi barista deh. Kayaknya keren gitu bisa meracik segala macam jenis kopi yang kekinian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitupula dengan diriku hehe. Apalagi pas liat fil Barista mantul deh!

      Delete
  7. Di Malang nih yg namanya kafe udah kayak alfamart dan indomart. Selalu ada di tiap ruas jalan dan deketan.

    ReplyDelete
  8. Jadi barista itu sekarang audah jadi profesi. Karena ada uji profesinya. Kalau lulus dapat sertifikat. Saya punya teman yang sudah ngikutinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah begitu tah kak. Baru tahu nih hehe. Alhamdulillah ya kalau begitu.

      Delete
  9. Jadi ga sabar melihat barista barista yg penuh kreativitas meracik kopi dan menikmati seduhannya . . Semiga segera terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn allahuma aamiin. Biar petani kopi juga makin sejahtera yaaa

      Delete
  10. Pengen juga dapat pelatihan jadi barista, siapa tau nanti saya ternyata dapat keahlian baru selain mengajar. Selain itu saya pecinta kopi, jadi ga usah lagi beli-beli di luar, tapi bisa menjual malah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap pak hehe semoga diijabah Allah pak. Sing penting dlu ya kannnn

      Delete
  11. Peluangnya memang lagi bagus nih, karena sekarang kopi bukan lagi jadi minuman khas pria dewasa. Dengan racikan tambahan susu dan bahan lainnya, kopi jadi bisa dinikmati banyak kalangan dari pria dan wanita, remaja sampai orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak. Anak muda juga pada semangat untuk berkarya.

      Delete
  12. Iya nih, orang sekarang apa2 ngopi, ngumpul2 juga enaknya ngopi jd pas banget kan dijadikan usaha yang kekinian. Tfs Mba Ovi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak kreatifitas pemuda sekarang juga 4 jempol deh.

      Delete
  13. Wah asyik nih pelatihan meracik kopi robusta bengkulu yang dikenal lebih pahit dari kopi lampung. aslinya saya belum pernah coba nih, asyik juga kalau ada franchise yang udah jalan dari pelatihan prakerja barista bencoolen coffee ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi perlu cicipi berbagai kopi nusantara nih bang hehe

      Delete
  14. Kopi Indonesia sekarang sudah mendunia. Wajar tenaga-tenaga, seperti barista ini tentunya dituntut semakin profesional. Pelatihan-pelatihan lewat prakerja begini pasti sangat membantu mereka. Apalagi sebagian besar kopi dihasilkan di daerah, khususnya Sumatera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bunda. Telat dan pas banget bencoolen bergandeng dengan bencoolen coffee.

      Delete
  15. wah ternyata Barista juga ada pelatihannya ya Kak. Pasti membantu para milenial di masa pandemi gini untuk melamar kerja. Apalagi sekarang lagi berjamur kedai kopi kekinian. Semoga para barista semakin keren dalam meracik kopi tanpa mengubah citarasa aslinya. Ini tulisannya komplit banget, syukak :D

    ReplyDelete
  16. barista menjadi peluang tersendiri ya di masa pandemi seperti ini. bisa dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhmdulillah ada hikmah di balik pandemi.

      Delete
  17. Kedai kopi adalah surga bagi penikmat kopi, apalagi jika pandemi ini berlalu maka semakin asyiklah nongkrong di kedai kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya ngopi jadi sebuah akronim heheh "ngobrol pintar"

      Delete
  18. menjadi barista dan usaha warung kopi memang selalu ada pasarnya. semoga bisa dimanfaatkan bagi para pemegan kartu prakerja dengan memilih pelatihan ini ya

    ReplyDelete
  19. kopi memang lagi naik daun denagn abnyak variasi dan topingnya dan kemasannya dan tempatnya

    ReplyDelete
  20. bangga kalo kopi Indonesia bisa terkenal sampai mancanegara.
    kebetulan kemarin lagi ngobrol sama temen yang hobi banget dengan segala sesuatu soal kopi, mungkin ini bisa jadi tambahan informasi buat dia

    ReplyDelete
  21. kedai kopi semakin menjamur. Tren ngopi di kafe ditemani musik indie. Hanya saja, kenapa kopi Indonesia sendiri ngga maju-maju ya Kak...

    ReplyDelete
  22. Sekarang semakin banyak cafe-cafe yang menyajikan minuman kopi, karena kayaknya penikmat kopi semakin banyak ya, gak hanya orang yang udah sepuh aja, tapi juga anak-anak muda. Olahan kopi pun semakin beragam, gak hanya kopi item plus gula tok......

    ReplyDelete
  23. Lebih mudah membangun personal branding melalui program barista merdeka

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.