[Review] Laptop ASUS VivoBook S14 S433, Untuk Generasi Kekinian


Oviroro.com – Perkembangan teknologi yang pesat berdampak kepada interaksi sosial antar individu maupun masyarakat. Sehingga memunculkan generasi yang lebih modern dalam menghadapi era teknologi saat ini. Bentuk dari pesatnya teknologi, dapat dilihat dari maraknya pengguna media sosial yang telah menjadi kebutuhan baru dalam berinteraksi. Selain digunakan untuk bertukar informasi dan berkomunikasi, media sosial juga dimanfaatkan untuk menyalurkan kreatifitas, hingga digunakan sebagai media berbisnis dan membentuk branding sebagai identitasnya.

Ciri-ciri generasi Z
Generasi kekinian yang tidak bisa dipisahkan dari sosial media adalah gen Z atau digital natives __ generasi yang lahir 1996-2010 sebagai generasi peralihan dari generasi Y yang tumbuh saat teknologi berkembang pesat sehingga menghabiskan 79% waktunya untuk mengakses internet __ dengan ciri menjadi pengguna teraktif media sosial untuk mendapatkan informasi seputar makanan, lokasi untuk bersantai, mencari teman lama, atau memperoleh pengetahuan tentang suatu berita melalui banyak aplikasi yang disediakan di fitur internet.

Tak sulit bagi digital native untuk mendapatkan segala informasi karena zamannya telah terintegrasi sepenuhnya dengan internet yang telah masuk di segala sendi kehidupan. Bahkan untuk melakukan pembelanjaan kebutuhan tersier seperti; sepatu, baju, dan make-up. Tinggal meng-klik melalui sistem pembelanjaan daring.

Pola pikir digital native pun sangatlah berbeda bila dibandingkan dengan generasi baby boomer.  Transformasi cara berpikir yang multitasking membuat mereka dapat menyelesaikan beberapa tugas lebih cepat. Penggunaan media sosial tidak lagi difokuskan pada satu media sosial saja, namun pada beberapa media sosial yang bisa diakses tak terbatas dalam gawainya. Sehingga mereka menjadi ketergantungan pada wifi.

Norma-Norma Generasi Internet Menurut Tapscott (2009)
  • menginginkan kebebasan dalam segala hal yang mereka perbuat, seperti kebebasan memilih dan kebebasan berekspresi.
  • senang membuat sesuatu sesuai selera (kutomisasi dan personalisasi).
  • mencari integrasi korporasi dan keterbukaan sewaktu mereka memutuskan sesuatu yang akan mereka beli atau tempat mereka akan bekerja.
  • generasi internet ingin hiburan dan permainan tetap ada dalam pekerjaan, pendidikan, dan kehidupan sosial mereka.
  • generasi yang mengandalkan kolaborasi dan relasi. Yaitu mereka selalu berusaha memberi dampak positif dengan bekerjasama dengan komunitas atau kelompok lain melalui relasi antar relasi sehingga membawa impact yang cukup signifikan.
  • generasi internet membutuhkan kecepatan. Kecepatan disini dapat diartikan sebagai generasi yang menyukai sesuatu yang instan mulai dari makanan, komunikasi, dan menyelesaikan persoalan.
  • mereka adalah para inovator ulung yang selalu memperkenalkan gagasan, metode, dan sebagainya yang penting baru atau inovatif.

Dari itulah kemampuan mengoperasikan internet melalui gadgetnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena mereka terlahir dalam lingkungan serba digital yang membuat perspektif berfikir mereka juga menjadi digital. Cara mengenal identitas gen Z ini bisa dilihat bagaimana unggahan foto diri, video, penulisan status, like, komentar, dan pengikutnya. Dari itulah, ia membentuk branding sebagai aktualisasi diri kemudian menjadi daya tawar untuk dirinya sendiri dalam menghasilkan profit. Oleh karenanyakarenanya, pemilihan gadget terbaik untuknya dapat mempengaruhi rutinitas dan produktifitasnya.
Identitas gen Z ini bisa dilihat bagaimana unggahan foto diri, video, penulisan status, like, komentar, dan pengikutnya. 
Asus sebagai perusahaan teknologi menjawab kebutuhan zaman
Asus salah satu perusahaan ternama sering menghadirkan beragam teknologi dibidang smartphone, PC, dan laptop. Namun kali ini ASUS meluncurkan produk terbarunya yang berbeda dari sebelum-sebelumnya berupa laptop seri VivoBook. Melalui laptop dengan nama VivoBook S14 S433 menjadi bukti kemampuan ASUS dalam meracik laptop yang bukan hanya fokus pada desain eksterior, tetapi juga performa yang powerful untuk bekerja, berkreasi, maupun hiburan. Laptop ini didesign spesial untuk gen-Z hadir dengan gaya minimalis dan elegan dengan empat pilihan warna stylish berupa Indie Black, Gaia Green, Dreamy Silver, dan Resolute Red . Kehadiran warna-warna ini merupakan warna-warna ekspresif mencerminkan individualitas pemilihnya.

Sumber: Asus.com

Gaia Green merupakan warna alam yang menandakan bahwa anda typical orang yang mudah beradaptasi dan terbuka terhadap segala sesuatu yang dunia berikan.
Resolute Red adalah ia yang memiliki karakter berapi-api dan mencolok. Biasanya orang yang menyukai warna ini ialah yang menempatkan diri luar arus dan tidak takut dengan apa yang orang lain pikirkan.
Dreamy Silver menunjukkan bahwa anda berani bermimpi, teguh dengan cita-cita, dan bangga terhadap apa yang diperjuangkan.
Indie Black mewakili independensi dan kepemimpinan tanpa kompromi. Biasanya penyuka warna ini bertanggung jawab atas situasi apapun yang menimpa dan tidak takut berbicara untuk orang lain.

Keunggulan laptop ASUS VivaBook S14 S433
  • Terbuat dari kerangka laptop dengan bahan aluminium Alloy berpadu dengan polikarbonat di bagian belakang layar laptop. Sisi-sisinya terdapat diamond cut design yang menambah kesan premiumnya.
  • Negative space area depan laptop sehingga memiliki banyak ruang kosong karena hanya bertuliskan “ASUS VivoBook” yang ditempatkan di samping sehingga memungkinkan penggunanya melakukan kustomisasi seperti menempelkan berbagai macam stiker. Apalagi ASUS memberikan beberapa stiker eksklusif di paket penjualannya khusus untuk pembeli laptop ini sehingga dapat tampil lebih personal.
Sumber: Asus.com
  • Body ringkas dengan ketebalan hanya 15,9 mm dengan bobot 1,4 kg sehinga mudah dibawa dan tidak memakan tempat yang banyak baik di meja kantor, kafe, di rumah atau bahkan dalam tas.
  • Ditenagai prosesor Intel Core i7 generasi ke 10 dengan memori hingga 16GB dan kartu grafis NVIDIA MX250 yang tak hanya gesit tetapi juga hemat daya. Fitur fast-charging membantu mengisi ulang baterai rendah hingga 60% hanya dalam 49 menit.
  • Memiliki layar bezel NanoEdge yang tipis memberikan pengalaman menonton yang mendalam , layar full HD menawarkan sudut pandang lebar hingga 178 derajat, reproduksi warna yang bagus hingga 100 persen pada color space sRGB dan memiliki IPS-level sangat cocok untuk para content creator seperti fotografer dan video editor.
  • Keyboard berukuran penuh dengan backlit dan key travel 1.4mm untuk memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. Uniknya, khusus tombol enter memiliki aksen cerah warna stabilo untuk presisi yang lebih baik saat menekan tombol tersebut.
Sumber: Asus.com
  • Pada area touchpad terdapat sensor fingerprint yang terintegrasi dengan fitur windows 10 sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem.
  • Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) menghadirkan kecepatan jaringan super untuk transfer file yang lebih cepat, game online yang responsif, dan video call super mulus.
  • Dilengkapi fitur audio premium bersertifikasi harman kardon membuat sistem tata suara detail berkualitas tinggi tak terkalahkan.

Keunggulan plus
laptop ini disertai layanan perfect warranty sebuah layanan garansi eksklusif untuk mengganti kerusakan akibat kesalahan pengguna. Misalnya laptop terjatuh, layar pecah, atau tidak sengaja terkena air. pengguna bisa memperbaiki VivoBook S14 S433 di service center resmi ASUS dengan hanya membayar 20 persen biaya sedangkan 80 persennya ditanggung oleh ASUS. Namun ingat ya kawan bahwa layanan ini berlaku hanya satu kali di tahun pertama. Harga laptop ini dibanderol dengan dua varian yaitu sebesar Rp. 13.999.000 untuk prosesor Intel Core i5-10210U dan RP. 15.999.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i7-10510U.
Bagaimana? Kehadiran laptop ini sangat menunjang sekali bukan untuk meningkatkan produktifitas generasi kekinian dengan berani menjadi diri sendiri, berani tampil beda penuh karya!

Note
[1] Aluminium alloy; Material berbasis aluminium yang ditambah dengan elemen paduan. Elemen paduan yang biasa digunakan seperti tembaga, magnesium, manganese, slicon, seng, bismuth, timbal, boron, nickel, titanium, chromium, vanadium, dan zirconium.
[2] Polikarbonat; Kelompok polimer termoplastik, mudah dibentuk dengan menggunakan panas. Plastik jenis ini digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini. Plastik ini memiliki banyak keunggulan, yaitu ketahanan termal dibandingkan dengan plastik jenis lain, tahan terhadap benturan, dan sangat bening.

Referensi:
Jurnal ILMU KOMUNIKASI VOLUME 15, NOMOR 1, Juni 2018: 47-60
Baca Juga

Post a Comment

24 Comments

  1. Wow...prosesornya i7 dengan memori 16 GB... penasaran seperti apa ya... sementara saya masih akrab dengan i3 dengan memori super terbatas

    ReplyDelete
  2. Aku sholawatin dulu ah..semoga juga bisa nyicip langsung punya laptop seharga motor itu ya Allah...keren banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak😁 kalau udah punya, jadi semakin rajin ngeblog ntar yaaa

      Delete
  3. Menggiurkan banget speknya, bisa jadi salah satu referensi nih untuk beli laptop.

    Nabung nabung biar bisa kebeli. 😁

    ReplyDelete
  4. Laptop baru ASUS ini beridentitas yaaa, dilambangkan dengan warna. Marketingnya menarik sekali. Jago emang ASUS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Mantul dah. Semantul harga pula haha

      Delete
  5. Pasti keren nih kalau punya laptop nih, yang harganya setara dengan harga motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadidwa dong kak berarti. Tapi kemahalnnya pun sebanding ya kak dengan manfaatnya

      Delete
  6. Laptopku juga produksi Asus tapi versi lama, baca review ini langsung pingin ganti huuu...racun ini mbak. Untung ada pandemi jadi ada alasan bujukin pikiran, hi-hi-hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw aku juga pkai asus sih merek beda dandan sama halnya juga seperti kakak

      Delete
  7. Asus selalu bikin inovasi yang keren. Anak muda bakal senang banget kalau punya laptop canggih ini, termasuk saya salah satunya. hehehe.

    ReplyDelete
  8. Wah, ini laptopnya buat emaknya apa buat generasi Z nya emak ya? Hehe..btw Asus makin keren aja si produknya!

    ReplyDelete
  9. Harganya masih melambung ya, andai 8jutaan masih mungkin saya tertarik. Nabung dulu apa ya? Lagi butuh laptop baru untuk menunjang PJJ.

    ReplyDelete
  10. laptoo yg mumpuni nih baik segi harga dan spec.nya..keren..keren..pake banget..top deh

    ReplyDelete
  11. Mantab ini laptop, dengan desain tipis dan kemampuan yang luar biasa.

    ReplyDelete
  12. Aduh, jadi pingin beli laptop baru nih, laptop dari ASUS oke punya.

    ReplyDelete
  13. Seharga motor pasti tarikannya ga kalah kuat juga ini mah. Sebagai pengguna laptop ASUS, ga pernah kecewa, apalagi kalau punya yg kayak gini.

    ReplyDelete
  14. Aduhhh ngiler bgt mbak liatnyaaa pengen yg gaia green nyaaa ulalalala ciamik cantikkk

    ReplyDelete
  15. asus nya keren banget, pengen beli ah wkwk biar tetap kece

    ReplyDelete
  16. Gemes banget sih laptopnya. Aku jg mauuuu hehe. Apalagi laptop dulu yg dipunya lemot, pasti laptop asus ini enggak deh. Makasih mba sharing ya

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.