4 Rekomendasi Aplikasi Agar Master Berbahasa Inggris

Setiap manusia lahir membawa fitrah yang sama. Yang membedakan kemudian padanya adalah proses untuk menjalani kehidupan. Ia yang sungguh-sungguh menikmati proses dan menempa diri dengan kesabaran akan lebih cerdas dan beruntung menyikapi persoalan hidup. Makanya kecerdasan dan skill perlu di asah agar memiliki keahlian. Sehingga kelak dapat menjadi investasi yang akan memberuntungkan di masa depan dalam kehidupan dunia hingga akhirat. Contohnya belajar bahasa Inggris yang hingga saat ini masih dianggap momok menakutkan. Padahal sesulit apapaun suatu hal jika dipelajari dengan tekun akan menjadi lunak dan takluk. Dan tentu saja dengannya membuat banyak urusan menjadi mudah, dan tidak akan mudah dibodohi-bodohi oleh orang lain. Nah berikut 4 aplikasi yang kudu dicoba in daily life 

Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan ~ Imam As-Syafii

Sering latihan dan membuat kebiasaan baik berulang akan membuahkan hasil yang tidak akan mengecewakan. Proses belajar pun menjadi semakin semangat dalam menajamkan skill berbahasa Inggris.

Kamusku

Kamus berlambang bendera tanah air dan negara kerajaan berjulukan land of hope and glory ini adalah aplikasi yang menurutku wajib ada di ponsel. Baik bagi pemula atau yang sudah jago sekalipun. Sebab pasti ada suatu bahasa di suatu waktu yang kita butuh tahu apa artinya maupun apa yang seharusnya ditulis atau diutarakan.  Sehingga kamus dengan lingual ini cocok untuk di instal.

Bukan cuma itu, iklan yang tertera tidak mengganggu atau menghalangi terhadap hasil pencarian. Kebayang ngak sih, saat kita perlu jawaban cepat tapi harus menunggu iklan selesai hingga 3-5 detik. Duhh gak nyampek seminggu deh meski itu direkomendasikan oleh youtuber kesehatan langsung aku uninstal hehe.

Kamus ini pun gratis, tersedia pengucapan dan translate. Hanya saja, tidak ada penjabaran mengenai kelas kata beserta beberapa contoh penggunaannya.  Tapi kenyamananku padanya menjadi kamus paling awet sejak zaman kuliah hingga sekarang dari pada yang lain.

British Council Podcast

Untuk kamu yang menyukai aksen British, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk di instal. Biar telinga kita familiar dengan pronounciation mereka.  Sehingga dari kebiasaan sering mendengarkan lah,  lidah kita pun tidak kaku untuk mengikutinya. Topik dalam setiap series disajikan beragam dan menarik baik versi monolog maupun conversation  dengan terdiri dari beberapa episode yang bisa di unduh untuk didengarkan ketika offline sambil membaca script .  Asiknya lagi,  ada menu exercise untuk mengetahui skill kepemahaman pada episode yang didengarkan. 

Cambly

Menurutku, aplikasi ini cocok digunakan untuk kamu yang sudah memiliki kemampuan basic-intermediet. Karena aplikasi ini menghubungkan dengan mentor native speaker langsung lewat video chat. Sehingga perlu keterlibatan aktif antara kedua belah pihak.  Asiknya user bisa memilih sendiri para tutur kemudian fokus goal yang diinginkan. Seperti; Business English, technology, IELTS, maupun lainnya. Sehingga sangat wajar jika mau menggunakan jasa ini,  perlu mengeluarkan beberapa lembar uang. Kecuali free trial di awal.



Quora

Tagline "tempat berbagi pengetahuan dan memahami dunia lebih baik" Adalah benar kenyataannya. Pertama kali menginstal aplikasi ini saat sering menerima tugas terkait Makul.  Saat itu website Quora jadi yang paling sering muncul dan digunakan bahkan untuk pertanyaan remeh hehe. Simpelnya sih Quora ini kayak jadi tempat ngerumpi gitu lhooo bedanya ini lebih berfaedah karena bisa menanyakan dan bercerita segala hal persoalan nano-nano kehidupan entah kebingungan, tips, fakta, motivasi, maupun lainnya yang dapat dijawab oleh user lain yang  berkenan membagi pengetahuan maupun pengalaman yang serupa dialami. 

Asiknya,  aplikasi ini memiliki banyak topik yang bisa di ikuti.  Dan yang diikuti itulah yang akan muncul di beranda.  Bahasa yang digunakanpun tidaklah rumit dan mudah di pahami. Sehingga kebiasaan membaca artikel di aplikasi ini akan membuat kosa kata terhadap bahasa Inggris tidak monoton dan menanjak bertambah banyak. Makanya bagi yang duduk di bangku tingkat pendidikan akhir, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk di instal agar kita bisa up-to-date terhadap berita kekinian.

Oh iya, aku menggunakan dua setingan bahasa pada aplikasi ini. Yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sehingga, aku pun merasa tidak ketinggalan dari keduanya. Jika kamu minat menggunakan bahasa selain yang disebutkan dua di atas, boleh pilih sesuka hati agar bahasa yang dipelajari entah Korea, Mandarin maupun lainnya tidak terlupakan hehe.

The last but not least seringnya membaca dan membuka kamus terhadap suatu kata yang tidak dipahami,  sebenarnya diam-diam sedang membangun istana kesuksesan lhooo di masa depan. 

Gak percaya?  Coba saja lakukan kebiasaan ini dan lihatlah who you are in 5 or 10 years later.

Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator (ICC)

Baca Juga

Post a Comment

13 Comments

  1. Kamusku aku juga pake :D. Paling praktis sih memang mba. Biasanya kalo kg baca novel BHS Inggris dan Nemu vocab yg aku lupa, LBH cepet dan lumayan lengkap di Kamusku ini :).

    ReplyDelete
  2. Thank you nih informasi podcastnya. Lumayan nambah referensi juga. Kalau untuk belajar bahasa Inggris, rekomendasiku ABA English. Ada model latihannya juga, jadi ngga monoton. Kita masih bisa pakai yang gratis, dan itupun lumayan dapat banyak kok.
    Untuk app, aku pakai app namanya dictionary. Itu juga recommended.
    Trial and error pakai yang lainnya, paling cocok yang ini.

    ReplyDelete
  3. Memang perlu nih buat mengasah keahlian bahasa Inggris. Kayaknya download Quora seru nih, lebih lengkap gitu dibanding yang laen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Aku pun sedang berusaha Istiqomah baca Quora ba'da ngaji subuh.

      Delete
  4. Wah, banyak ya aplikasinya. Bisa diunduh gratis lagi di PlayStore. Bisa irit dan hemat waktu buat emak-emak. Hehe

    ReplyDelete
  5. wah ada kamusku di aplikasi ya. Asli nih baru tahuu. Ada pengucapan juga. Zaman sekarang ggak perlu bawa kamus tebal dan berat seperti zaman dulu untuk cari arti kata dalam bahasa inggris

    ReplyDelete
  6. aku suka quora, hhi. kalo tulisan luar biasanya lebih luas juga pembahasannya. Kalo referensi podcast sih banyak bgt yg aku ikutin. Tinggal prakteknya aja nih, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap kak Ghina. Aku sedang diusahakan Istiqomah ini.

      Delete
  7. Aku juga pencinta Quora hihi Kalau untuk app yang lain di atas, belum pernah coba. Makasih infonya ya kak :) o iya, grammarly juga bagus untuk ngebenerin tulisan dalam bahasa Inggris :)

    ReplyDelete
  8. Wahhh banyak yang menyukai Quora yaaa. Grammarly yaaa ok ok tak cek deh terima kasih udah sharing.

    ReplyDelete
  9. Dari sekian banyak aplikasi yg disebutkan, aku baru donlot yg nomor 1. Tapi habis ini jadi penasaran mau donlot aplikasi yang lain. Thanks for sharing, sangat bermanfaat buat ibu kafa yg mau belajar english lbh dalam 👍😊

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.