Kiprah Fajar Nugros Dan Susanti Dewi Dalam Dunia Perfilm-an Indonesia

Hi pencinta film!



Film-film kocak, menggelitik penuh haru, campur tegang namun membekas dengan baik pesan moralnya adalah genre yang sangat aku suka. Complit banget ya kan? Lalu bagaimana denganmu? Sudahkah menoton film Seperti Bajaj Bajuri, Marmut Merah Jambu, Cinta Brontosaurus, Manusia Setengah Salmon, 7 Misi Rahasia Sophie, Moammar Emka’s Jakarta Under Cover, Me And You Vs The World, Cinta Selamanya dan Terbang, Menembus Langit? Speechless deh aku dibuatnya saking enjoy banget saat pening dengan tugas akademik maupun non akademik menimpa.


Tahukah kamu bahwa keberhasilan dan kesuksesan film-film ini adalah buah pemikiran dan tangan kreatifitas dari tekat optimisme Fajar Nugros (Nugros) sebagai Sutradara dan Susanti Dewi (Santi) sebagai produser Demi Istri Production. Untuk memperkuat kiprah dan eksistensinya terhadap industri film, pada tahun 2018 mereka memiliki rencana untuk melakukan upscale pada perusahaan film tersebut. Akhirnya, di bulan Oktober tahun 2019, mereka bertemu dengan Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media dan William Utomo, Founder dan COO IDN Media. Sama-sama mengakarkan visi dan misi untuk melangitkan mimpi, IDN Pictures pun lahir dan diresmikan pada tanggal 12 Mei 2020 lalu.

Proses kelahiran IDN Pictures

Resmi diakusisi, Demi Istri Production, launching IDN Pictures yang kelahirannya telah melalui proses perjalanan yang cukup panjang sejak 2 tahun lalu telah mulai fokus untuk melakukan upscale. Sebelum bergabung dengan IDN Media, Nugros dan Santi sudah bertemu dengan banyak calon investor. Namun belum ada kecocokan dalam membawa dan menetaskan visi dan mimpi yang sama. Karena ke-2 hal tersebut diyakini menjadi pondasi terpenting bagi seseorang dalam menemukan partner bisnis yang tepat jadi, perlu pertimbangan yang cukup matang.


Pucuk dicinta ulam tiba, pencarian yang telah memakan waktu yang tak sebentar akhirnya membuahkan hasil sejak baru bertemu dengan Winston dan William pada Oktober 2019 lalu. Setelah melakukan berbagai macam diskusi, dari A hingga Z, serasa bertemu jodoh untuk mengusung visi dan mimpi dalam satu payung yang sama, kesepakatan pun terjalin dan lahirlah IDN Pictures. Winston Utomo sendiri merupakan Founder dan CEO IDN Media sedangkan William Utomo, Founder dan COO IDN Media. Adapun Fajar Nugros dan Susanti Dewi , keduanya menjadi Head IDN Pictures.


Keputusan untuk bermitra dengan IDN Media didasarkan atas pertimbangan bahwa dalam menciptakan film perlu keterlibatan semua pihak dalam menyelesaikan proses yang cukup lama, sehingga tidak hanya membutuhkan partner yang kreatif dan cerdas, namun juga suportif dan menyenangkan. Ciri-ciri tersebut menjadi penunjang dalam perjalanan kerja yang tidak sebentar, sehingga jauh dari kata sungkan, mampu menciptakan dan mengkolaborasikan ide, lalu menyulap sebuah cerita menjadi sesuatu yang ada market-nya, memilih ratusan kru yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah film, hingga finally mendistribusikannya ke penonton sesuai sasaran yang tepat.

Kru IDN Pictures


Pandemi akan berlalu, industri film di tanah air positif akan melambung. 

Sejak pemerintah menyarankan untuk #dirumahsaja dan physical distancing entah itu untuk kebutuhan belajar di sekolah maupun bekerja di kantor, kini beralih dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Tayangan film yang diburu orang-orang terutama gen milenial dan gen Z menjadi redup. Hal ini mengindikasikan bahwa badai yang menimpa tanah air belum berlalu. Padahal perkembangan industri film Indonesia selama 5 tahun terakhir tidak pernah fluktuatif melainkan menunjukkan pertumbuhan bisnis yang sangat signifikan dan berkelanjutan.


Dimulai dari 16 juta penonton film di tahun 2015, jumlahnya terus mengalami kenaikan pesat hingga mencapai angka 52 juta pada tahun 2019. Bahkan, sebelum memasuki masa pandemik, film-film Indonesia yang tayang di awal tahun juga masih meraih jumlah penonton yang sangat baik.


Santi sebagai head IDN Pictures menanggapi hal ini, dengan sangat optimis bahwa Pesatnya pertumbuhan penonton yang ditambah dengan komitmen pihak eksibitor maupun penyedia platform yang ada di Indonesia, bisnis film dan konten serupa pasti akan menjadi primadona di bumi pertiwi. Industri film di tanah air akan tetap bertahan hidup, meski telah dihantam oleh badai pandemik yang sedikit banyaknya telah memberi dampak pada sektor bisnis, akan tetapi secara personal Santi meyakini bahwa situasi ini akan segera berakhir sebab badai akan segera berlalu dan bisnis film dapat kembali membaik bahkan melambung tinggi. Semua orang sekarang ini sudah pasti banyak yang kangen nonton. Tidak terkecuali saya yang memang film addicted.


Proyek IDN Pictures menggarap production value 

Anyway, apa itu IDN Pictures dan hubungannya dengan IDN Media dan apa saja proyek yang akan dikerjakan? Well, let me know you.

Nugros menegaskan bahwa IDN Pictures itu adalah perusahaan film berbasis teknologi yang menghasilkan produk visual berupa tontonan baik film, serial, dan produk komersial yang menargetkan generasi millennial dan Z di Indonesia dengan visi untuk membawa dampak positif dan inspiratif bagi masyarakat.


Sedangkan IDN Media adalah sebuah perusahaan media multi-platform dengan Millennials dan Gen Z di Indonesia sebagai audiens utamanya. Visi yang diusung adalah untuk membawa dampak positif bagi masyarakat dan mendemokratisasikan akses pada informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat, dan positif dalam upaya menjadi suara Millennial dan Gen Z di Indonesia.


Apalagi karakter milenial selain sangat PD (percaya diri), berorientasi terhadap kesuksesan, toleran, kompetitif, dan haus pehatian akan menjadi wadah yang pas bagi mereka untuk berkreasi. Lebih-lebih bagi generasi Z yang hidup sudah lebih booming dengan kemajuan teknologi hingga mereka menyandang karakter dengan ciri-ciri menghargai keberagaman, menghendaki perubahan sosial, suka berbagi, dan berorientasi pada target. Memahami mereka akan menjadi target yang pas dengan IDN Pictures yang juga berperan sebagai wadah bagi para filmmaker dan commercial maker untuk berkolaborasi, membuat karya-karya yang impactful bagi generasi sekarang ini.


Kesimpulannnya adalah bahwa IDN Pictures merupakan anak dari IDN Media sebab juga mengoperasikan IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, GGWP.ID, Duniaku.com, IDN Creative, IDN Event, dan IDN Creator Network, IDN Pictures, dan IDN Programmatic OOH. #DemocratizeInformation. Yang sama-sama tujuan utamanya adalah sebagai partner pertumbuhan untuk generasi digital.


The last but not least


IDN Media berlokasi Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27 Lt. 16, Kuningan Jakarta dan Sentra Darmo Villa C 1-3 Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 6-14 Surabaya. Saat ini, proyek yang sedang berjalan, adalah commercial projects dengan harapan proyek film IDN Pictures ini dapat dibagikan tahun depan dengan menghadirkan line-up proyek yang menarik bersama dengan talenta-talenta terbaik Indonesia.

Jenis proyek yang masih dalam tahap penanganan di IDN Pictures ini disiapkan lintas genre, namun tentu tetap appealing buat generasi millennial dan Z. Tinggal tunggu tanggal mainnya. Tetapi yang pasti, proyek-proyek yang sedang dalam penanganan memiliki alur cerita yang bagus dan production value yang ok binggo.

Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. IDN pictures diisi para film maker dengan jam terbang tinggi. Ini sangat memberi warna kualitas yang pasti sedang dinanti karyanya oleh banyak orang.

    ReplyDelete
  2. emang itu Fajar Nugros gokil apalagi saat bareng raditya dika ya,
    dan kini mereka join bareng IDN Media pimpin IDN Picture bareng Susanti Dewi jadi makin good

    ReplyDelete
  3. Ga sabar mau nonton karya dari IDN Pictures!!! Semoga bisa kita nikmati.

    ReplyDelete
  4. Wow peningkatan jumlah penonton yang sangat pesat yah. Semoga adanya IDN Pictures semakin membuat perfilman Indonesia terus melaju ;)

    ReplyDelete
  5. karya fajar nugros dan susanti dewi bagus bagus
    saya paling suka yo wis ben
    semoga ada banyak kreasi lain yang dihasilkan oleh mereka dalam IDN Pictures

    ReplyDelete
  6. ngga sabar nih pingin lihat karya mereka

    karena targetnya kaum milenial dan gen Z

    pastinya bakal cetar, semoga box office ya?

    ReplyDelete
  7. Melihat jejaknya jadi berharap banyak nih dari pasangan ini semoga setelah terbentuk IDN Pictures lahir film keren yang menginspirasi ya...

    ReplyDelete
  8. Kalau dari kualitas Fajar Nugros udah gak di ragukan lagi kalau IDN Pictures pasti bisa berjaya di industri film tanah air.

    ReplyDelete
  9. Sukses selalu untuk kolaborasi upscaling ini. Semoga film filmnya makin disukai banyak penonton dan pandemi ini segera usai

    ReplyDelete
  10. Sukses untuk IDN Picturesnya semoga membawa warna baru, semangat baru di dunia perfilman Indonesia

    ReplyDelete
  11. So excited to wait a new some project IDN Pictures🥺👍🏻

    ReplyDelete
  12. Tangan dingin mas Fajar Nugros dan Mbak Santi, berkolaborasi dengan IDN Media, ini bakalan menghasilkan karya yang benar keren dan ciamik...ditunggu segera film perdana Mas Fajar Nugros bersama IDN Pictures 🙂

    ReplyDelete

Hai, calling me Ovi Roro! Thaks for your nice comment. Nice to see you.