Setiap manusia lahir membawa fitrah yang sama. Yang membedakan kemudian padanya adalah proses untuk menjalani kehidupan. Ia yang sungguh-sungguh menikmati proses dan menempa diri dengan kesabaran akan lebih cerdas dan beruntung menyikapi persoalan hidup. Makanya kecerdasan dan skill perlu di asah agar memiliki keahlian. Sehingga kelak dapat menjadi investasi yang akan memberuntungkan di masa depan dalam kehidupan dunia hingga akhirat. Contohnya belajar bahasa Inggris yang hingga saat ini masih dianggap momok menakutkan. Padahal sesulit apapaun suatu hal jika dipelajari dengan tekun akan menjadi lunak dan takluk. Dan tentu saja dengannya membuat banyak urusan menjadi mudah, dan tidak akan mudah dibodohi-bodohi oleh orang lain. Nah berikut 4 aplikasi yang kudu dicoba in daily life 

Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan ~ Imam As-Syafii

Sering latihan dan membuat kebiasaan baik berulang akan membuahkan hasil yang tidak akan mengecewakan. Proses belajar pun menjadi semakin semangat dalam menajamkan skill berbahasa Inggris.

Kamusku

Kamus berlambang bendera tanah air dan negara kerajaan berjulukan land of hope and glory ini adalah aplikasi yang menurutku wajib ada di ponsel. Baik bagi pemula atau yang sudah jago sekalipun. Sebab pasti ada suatu bahasa di suatu waktu yang kita butuh tahu apa artinya maupun apa yang seharusnya ditulis atau diutarakan.  Sehingga kamus dengan lingual ini cocok untuk di instal.

Bukan cuma itu, iklan yang tertera tidak mengganggu atau menghalangi terhadap hasil pencarian. Kebayang ngak sih, saat kita perlu jawaban cepat tapi harus menunggu iklan selesai hingga 3-5 detik. Duhh gak nyampek seminggu deh meski itu direkomendasikan oleh youtuber kesehatan langsung aku uninstal hehe.

Kamus ini pun gratis, tersedia pengucapan dan translate. Hanya saja, tidak ada penjabaran mengenai kelas kata beserta beberapa contoh penggunaannya.  Tapi kenyamananku padanya menjadi kamus paling awet sejak zaman kuliah hingga sekarang dari pada yang lain.

British Council Podcast

Untuk kamu yang menyukai aksen British, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk di instal. Biar telinga kita familiar dengan pronounciation mereka.  Sehingga dari kebiasaan sering mendengarkan lah,  lidah kita pun tidak kaku untuk mengikutinya. Topik dalam setiap series disajikan beragam dan menarik baik versi monolog maupun conversation  dengan terdiri dari beberapa episode yang bisa di unduh untuk didengarkan ketika offline sambil membaca script .  Asiknya lagi,  ada menu exercise untuk mengetahui skill kepemahaman pada episode yang didengarkan. 

Cambly

Menurutku, aplikasi ini cocok digunakan untuk kamu yang sudah memiliki kemampuan basic-intermediet. Karena aplikasi ini menghubungkan dengan mentor native speaker langsung lewat video chat. Sehingga perlu keterlibatan aktif antara kedua belah pihak.  Asiknya user bisa memilih sendiri para tutur kemudian fokus goal yang diinginkan. Seperti; Business English, technology, IELTS, maupun lainnya. Sehingga sangat wajar jika mau menggunakan jasa ini,  perlu mengeluarkan beberapa lembar uang. Kecuali free trial di awal.



Quora

Tagline "tempat berbagi pengetahuan dan memahami dunia lebih baik" Adalah benar kenyataannya. Pertama kali menginstal aplikasi ini saat sering menerima tugas terkait Makul.  Saat itu website Quora jadi yang paling sering muncul dan digunakan bahkan untuk pertanyaan remeh hehe. Simpelnya sih Quora ini kayak jadi tempat ngerumpi gitu lhooo bedanya ini lebih berfaedah karena bisa menanyakan dan bercerita segala hal persoalan nano-nano kehidupan entah kebingungan, tips, fakta, motivasi, maupun lainnya yang dapat dijawab oleh user lain yang  berkenan membagi pengetahuan maupun pengalaman yang serupa dialami. 

Asiknya,  aplikasi ini memiliki banyak topik yang bisa di ikuti.  Dan yang diikuti itulah yang akan muncul di beranda.  Bahasa yang digunakanpun tidaklah rumit dan mudah di pahami. Sehingga kebiasaan membaca artikel di aplikasi ini akan membuat kosa kata terhadap bahasa Inggris tidak monoton dan menanjak bertambah banyak. Makanya bagi yang duduk di bangku tingkat pendidikan akhir, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk di instal agar kita bisa up-to-date terhadap berita kekinian.

Oh iya, aku menggunakan dua setingan bahasa pada aplikasi ini. Yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sehingga, aku pun merasa tidak ketinggalan dari keduanya. Jika kamu minat menggunakan bahasa selain yang disebutkan dua di atas, boleh pilih sesuka hati agar bahasa yang dipelajari entah Korea, Mandarin maupun lainnya tidak terlupakan hehe.

The last but not least seringnya membaca dan membuka kamus terhadap suatu kata yang tidak dipahami,  sebenarnya diam-diam sedang membangun istana kesuksesan lhooo di masa depan. 

Gak percaya?  Coba saja lakukan kebiasaan ini dan lihatlah who you are in 5 or 10 years later.

Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator (ICC)

Baca Juga