#DiIndonesiaAja- BLB & Teras Langit Sumenep, Rekomendasi Tempat Wisata Akhir Pekan Untuk Pikiran Yang Gersang

Guys... percayakah kamu bahwa piknik, rekreasi, dan saudaranya juga kebutuhan yang perlu diluangkan dalam sekali seminggu, sebulan atau dalam beberapa bulan lhooo. Yang terpenting sih jangan terlalu lama yah. Ibaratnya sih begini, kalau terlalu lama gak ada hiburan atau gak ada sesuatu apapun yang dapat menyenangkan hati, bawaannya jadi suntuk dan kurang bersemangat kan? Sebab sesuatu yang menggembirakan hati, akan memberikan sinyal positif kepada badan dan pikiran. Tubuh pun tanpa diberi instruksi, menjadi segar dan giat beraktivitas. Believe it?

Kedatangan suntuk, bosan, lelah, dan kerabatnya yang tanpa diundang itu umumnya terjadi kepada para pelajar dan pekerja yang tinggal di daerah perkotaan lebih-lebih metropolitan. Kepulan asap pabrik, asap kemacetan, gedung-gedung pencakar langit, bahkan bising yang tak pernah mau berdamai dengan sunyi, membuat otak jadi letih dan gersang.

Nah, berwisata ke tempat yang menenangkan pikiran dan memanjakan mata adalah pilihan yang tepat menutup akhir pekan. Menyambut hari esok pun untuk kembali lagi belajar dan bekerja jadi lebih enjoy. Kalau tidak sesekali dimanjakan, maka menghadapi hari pertama pada hari Senin dianggap momok yang kemudian reflek mengerutkan dahi, memanyunkan mulut dan meredupkan sinar wajah. Oh so scary.

Pasalnya hari Senin menjadi hari pertama untuk memulai belajar di lembaga pendidikan dan bekerja di Kantor. Tugas pun mulai berdatangan untuk disentuh hingga bejibun memenuhi meja dan kepala. Seiring waktu terus melangkah, otak pun membengkak dan mulai panas. Apalagi lingkungan tropis yang membuat keringat aduhai, polusi mewarnai tanpa jeda membuat dahi berkerut berlapis-lapis dan mengawin paksakan alis meski tak pantas untuk digandengkan.

Berwisata ke Tononggul, Gadu Timur Ganding Sumenep

Nah bak angin segar berhembus lembut dan berbisik bahwa Desa Tononggul dapat dijadikan destinasi akhir pekan khususnya kepada warga Sumenep dan sekitarnya. Daya tarik yang ditawarkan adalah pemandangan asri pedesaan yang menyejukkan mata.

Bukit Lawangan Bliker (BLB)

BLB Tononggul, Gadu Timur Ganding Sumenep

Wisata ini dibuat dengan tujuan mengedukasi sekaligus menghibur pengunjung yang sedang merajuk. Luasnya hamparan lahan pertanian yang asri dilihat dari ketinggian bebatuan, serta jauh dari hingar bingar kota, memberikan kesan menenangkan untuk hati dan jiwa yang sedang sakit atau mulai panas karena pelajaran atau pekerjaan. Terpasangnya Asmaul Husna dan nama-nama nabi menjadi pengingat bahwa apapun masalahnya libatakan sang Khaliq, pasti jauh lebih ringan dan sehebat apapun problematika kehidupan yang dihadapi, para utusan-utusan Allah sebelumnya telah mengalaminya bahkan ujian mereka lebih kuat menghantam keimanan. Tapi nyatanya mereka bisa melewatinya. Atas ilhlas dan sabar yang dijalanai. Lalu pantaskah masih berkecil hati?

Anyway, tempat ini jadi pemburu pemuda yang menyukai senja lhooo. So datanglah sore hari untuk menikmati sunset kembali ke peraduannya. 

Last but not least Karcis masuk sekecil Rp. 5000,00 per orang. Proyek penyelesaian wisata hingga detik penulisan ini masih dibilang berada pada 60% karena tidak menggunakan dana pemerintah terkait. Oh ya jika hendak ke sini, bisa cek di google map bahkan saya dan partner saat ke sini, sudah mengulasnya.

Pemandangan ladang masyarakat di BLB Tononggul,Sumenep



Teras Langit

Teras Langit, Sumenep Madura

Sebenarnya ini bukanlah tempat wisata. Namun banyak orang-orang mendatanginya karena tergoda untuk menapaki langit yang hanya tinggal beberapa hasta saja. Selain itu perbukitan yang mengelilingi wilayah pertanian warga dan curamnya tanah dilihat dari ketinggian di tempat ini jadi begitu dahsyatnya pemandangan alam ini. Kecantikan lokasi ini menjadi sangat pari purna dengan adanya bunga Bougenville dan tanaman daunan yang dijadikan pagar sebagai pembatas dan tentu saja juga gazebonya. Tak kalah serunya saat malam hari, kerlap-kerlip lampu yang banyak semakin menambah kesan romantis. Dan jika berkunjung ke spot foto teras langit ini, jangan lupa bawa jajanmu dan tentunya bekasnya tak boleh berjejak yaaa.

Menghirup udara segar Teras Langit, Sumenep


Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

Hai, thank you for visiting my home and leave a friendly comment. Hopefully, you enjoy and take the rewarding of every post.