Oviroro.com Mendapat kabar yang tidak biasa bagi pasangan pengantin baru adalah hal yang mendebarkan bin bikin haru. Pasalnya setelah melepas masa lajang tiba-tiba akan beralih profesi menjadi orangtua dari anak biologisnya. Sebuah cerita yang akan menjadi episode baru dalam babak kehidupan. Berikut beberapa hal yang perlu ibu hamil lakukan saat sedang dalam fase mengandung.

Ibu Hamil


Lakukan USG setelah test pack
Fungsi test pack dengan harga mulai dari Rp. 2.000,00 - 25.000,00 bahkan lebih dari itu hanya digunakan untuk mengecek apakah sedang hamil atau tidak. Namun USG atau Ultrasonografi memiliki fungsi lebih dari itu seperti menampilkan gambar melalui layar komputer untuk mengetahui keberadaan bayi, ukuran janin, menentukan usia kehamilan, hingga mendeteksi potensi masalah selama kehamilan.

Kalau aku sendiri menggunakan test pack lalu berlanjut USG 4D ke dokter kandungan. Sebenarnya antara USG 2D, USG 3D , dan USG4D memiliki kesamaan fungsi yaitu sama-sama untuk memeriksa kondisi dan perkembangan janin dalam kandungan. Bedanya, ia lebih unggul karena versi terbaru, bisa melihat pergerakan janin dan bisa mendeteksi kelainan janin lebih akurat ketimbang USG 2D dan USG 3D sebagai versi lama yang hanya menghasilkan gambar diam.

Meningkatkan amal ibadah
Sudah tidak asing bukan, saat sedang hamil pasti sering dinasehati untuk memperbanyak baca Alquran khususnya surat Yusuf dan surat Maryam katanya sih biar anaknya ganteng jika laki-laki  dan cantik
jika perempuan. Padahal menurut ustadz Adi Hidayat, Lc.,M.A founder Quantum Akhyar Institute membaca kedua surah tersebut harus juga  dipahami arti dan maksudnya agar bisa meniru dan meneladani orang tua keduanya serta bisa memiliki budi pekerti seperti sosok Yusuf dan Maryam.

Selain mengaji, jangan lupa untuk berdoa. Sebab doa adalah pedang terbaik seorang mukmin. Mintalah kepada Allah agar si buah hati terlahir selamat dan sempurna tanpa cacat. Ustadz Adi Hidayat juga menganjurkan saat usia anak dalam kandungan 0-4 bulan mohonkanlah 4 hal terbaik dalam hidupnya yaitu; rezeki yang halal dan jauh dari yang haram, amal perbuatan shaleh, ajal yang baik, dan kebahagiaan. Karena saat 4 bulan itulah 4 ketetapan Allah akan ditetapkan.

Mengadakan syukuran atas kehamilan
Setelah hasil USG sesuai harapan, lalu beri kabarlah terhadap keluarga besar agar mereka bisa mengerti dan turut menjaga diri ini jika kelelahan, salah makan dan mengalami keluhan ibu hamil pada umumnya agar terjauh dari hal-hal yang bisa membahayakan si ibu dan si janin. Serta bisa mempersiapkan dan mengatur waktu untuk syukuran.

Biasanya kalau di Madura, syukuran sudah pasti dilakukan saat usia kandungan mencapai 3 bulan 10 hari memohonkan yang terbaik untuk si janin yang akan di beri takdir menuju 4 bulannya. Dan juga mengadakan syukuran 7 bulanan dengan bermandikan kembang 7 rupa yang akan disiram oleh keluarga sendiri dan keluarga dari mertua. Ada juga ritual dan beberapa persiapan saat acara siraman ini lohh seperti kelapa muda yang ditulis aksara Jawa, ayam jantan, dan telur yang nanti untuk diinjak. Tulisan selangkapnya nanti setelah aku 7 bulanan ya hehe.

Mengkonsumsi makanan halal yang penuh gizi disertai vitamin
Apapun yang akan dimakan pastikan halal atau didapat dengan cara yang tepat dengan memperhatikan nutrisinya. Makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah yang mengandung asam folat sebagai bentuk sintetis dari vitamin B9 yang berfungsi untuk membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi juga makanan yang mengandung omega 3 sebagai nutrisi penting terdiri dari EPA dan DHA yang bermanfaat untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan mata bayi dalam kandungan ibu. Dan untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi vitamin sebagai penyeimbang.

Baju hamil/daster
Saat usia kandungan sudah mencapai 4 bulan disinilah perut sudah mulai kelihatan membesar dan akan terus membesar. Beberapa pakaian sehari-hari tentu saja bikin sempit atau tidak nyaman dikenakan. Untuk itu sudah diperlukan memiliki beberapa koleksi daster busui friendly dengan model nurcing access seperti; belahan di samping dada, atau berupa kancing atau resleting di bagian depan atau samping.
sehingga ketika sudah lahiran tidak perlu lagi repot beli yang baru untuk menyusui si buah hati.

Berolahraga sesuai usia kandungan
Yang namanya berbadan dua, ada aja deh keluhannya mulai dari kram perut, kesemutan area tangan, sakit punggung dan sederet keluhan lainnya untuk itu berolahraga sesuai usia kehamilan bisa bikin kondisi tubuh membaik loh. Seperti melakukan yoga atau zumba khusus ibu hamil. Kalau aku pribadi saat ini lebih nyaman melakukan yoga pada pagi atau sore hari. Bikin pegal menjauh dan lebih rileks. Pendukung olahraga lainnya adalah dengan menggunakan gym ball. Dikutip dari halaman hellosehat.com manfaat dari gym ball selama kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi nyeri punggung
  • Meringankan tekanan panggul, punggung, dan tulang belakang
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim
  • Membentuk postur tubuh yang baik
  • Membantu mengurangi ketegangan otot
  • Memperbesar diameter panggul
  • Kesulitan tidur
  • Dan mempermudah proses persalinan
Semoga tulisan ini bermanfaat dan para ibu hamil dapat melahirkan anaknya secara mudah, selamat dan sempurna fisiknya! Jika ada hal lain yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, tulis aja ya di kolom komentar, terima kasih!

Baca Juga