Saat Ramadan, sering gak sih lihat orang atau bahkan diri sendiri rasanya tuh lemas, konsentrasi menurun, dan daya tahan tubuh berkurang sehingga dapat menyebabkan penurunan aktivitas dan produktivitas? Puasa, jadinya malah malas ngapain-ngapain. Kecuali rebahan dan main hp aja scroll media sosial bahkan tidur seharian.

Sebenarnya hal-hal di atas adalah indikasi bahwa orang yang sedang berpuasa sedang terbatas dalam memenuhi kebutuhan kalorinya akibat pola makan yang mendadak berubah disertai aktivitas yang relatif sama setiap harinya. Untuk menghindari dampak puasa di atas, dibutuhkan asupan nutrisi dengan kandungan gizi yang mencukupi Kebutuhan kalori harian saat bulan Ramadan yang dapat dipenuhi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Variasi menu saat berbuka puasa sering didominasi oleh beragam menu komplet mulai dari hidangan yang serba manis, serba pedas, serba gurih atau kecut bahkan masam. Namun yang masyarakat ketahui terkait sebuah hadist yang mengatakan "Berbukalah dengan yang manis-manis”. Sehingga buah penafsiran tersebut adalah segala sesuatu yang manis seperti; teh manis, kulak dan kurma. Akibatnya kulak atau teh manis seolah menjadi menu wajib saat berbuka puasa bersanding dengan menu berat lainnya sedangkan kurma tidaklah sepopuler keduanya di atas meja makan atau saat menyantap hidangan buka puasa atau sahur.

Kurma enak

Padahal kurma jauh lebih utama dan baik untuk kesehatan dan dapat dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Kurma memiliki nama latin yaitu dactylifera Phoenix yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix ia memiliki rasa seperti campuran sirup gula dan madu dan toleran terhadap pencernaan makanya sering dijadikan menu buka puasa atau salah satu makanan diet oleh sebagian orang.

Para ahli menyebutkan bahwa mengkonsumsi kurma ibarat mengkonsumsi energi cepat saji. Alasannya menurut prof Ali Khomsan, ahli gizi dari Institute Pertanian Bogor (IPB) karena kurma mengandung zat gula tinggi yang mudah dicerna sehingga mampu menyediakan energi yang cukup bagi sel sel tubuh yang kelaparan selama berpuasa secara cepat. Tak heran saat Ramadan tiba, kurma dapat ditemukan menjamur di pasar, swalayan, bahkan di pinggir jalan raya.

Kandungan dalam kurma

Kandungan energi dalam buah kurma cukup tinggi karena dalam 100 gram kurma mengandung nutrisi :

Karbohidrat 73.50 miligram

Kalsium 32 miligram

Magnesium 35 miligram

Fosfor 40 miligram

Vitamin A 50 IU

serat 2,2 gram

Nah, makanya pergunakanlah kurma untuk mengawali buka puasa dan dijadikan teman semangat untuk sahur.

Biasakanlah sahur dan rasakan manfaatnya

Tahukah kamu kalau membatalkan puasa saat adzan berkumandang adalah wajib namun sahur menjadi sebuah kesunnahan loh bahkan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur. Makanya sengantuk-ngantuknya keadaan tetap diusahakan tidak mengabaikan banyak kebaikan dalam sunnah.

Bagi yang malas banget bangun dan lebih memilih tidur maka konsumsilah setidaknya 3 biji kurma lalu minum atau minum saja cukup dan kembalilah tidur jika memang tidak kuat untuk membuka mata.

Rasulullah pun sang teladan peradaban menganjurkan umatnya untuk bersahur dengan makan kurma atau makanan yang manis-manis bergizi yang dapat menjadi energi ketika menjalankan ibadah puasa.

Manfaat kurma untuk kesehatan

Kurma untuk kesehatan

Dalam beberapa literatur disebutksn jika mengkonsumsi kurma secara rutin dapat menuai banyak manfaat seperti;

  • Kurma memiliki kandungan tanin yang tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) serta astringent pada usus yang bermasalah.
  • Mencegah kanker dengan mendongkrak sistem kekebalan tubuh dan sebagai tonik untuk mengobati kanker perut.
  • Mengatasi demam berdarah karena itulah maka kemudian kurma di ekstrak menjadi sirup agar lebih mudah dikonsumsi terutama oleh anak-anak. Kurma dipercaya mampu membantu meningkatkan jumlah trombosit alias keping darah penderita demam berdarah. Sirup kurma terbaik, terbuat dari rutan (baca: kurma muda) karena mengandung antioksidan paling tinggi.
  • Meningkatkan imunitas tubuh sebab kurma bermanfaat sebagai antimutagenik, antimikroba, anti radang, pelindung Lambung, pelindung hati, dan pelindung ginjal.
  • Melindungi fungsi hati akibat dimethoate semacam insektisida.
  • Membantu yang keracunan alkohol
  • Cocok dikonsumsi untuk segala umur, dan tidak menimbulkan efek samping.

Jenis-jenis kurma

Barangsiapa makan 7 butir kurma ajwa tiap pagi, niscaya racun atau sihir tak akan mencelakainya pada hari itu

1. Kurma ajwa

Ajwa lebih dikenal dengan sebutan kurma nabi. Memiliki tekstur lembut dan kering. Ciri khasnya berkulit coklat kehitaman dan bercita rasa legit seperti kismis.

2. Deglet Noor

Yang berarti kurma cahaya ia memiliki ciri khas berkulit tipis, dan keras sehingga tembus pandang, daging buah lunak, dan citarasa karamel yang sedikit lebih asam dibandingkan kurma yang lain.

3. Kurma medjool

Biasa disebut sebagai kurma kalifornia ia berukuran relatif besar dan panjang, kulit coklat dan tipis serta berdaging kenyal.

3. Kurma sukkari

Dalam bahasa arab berarti manis. Kurma ini termasuk varietas yang digemari di Arab untuk disantap bersama kopi pahit. Buahnya berbentuk kerucut, berkulit kuning keras, dan teksturnya agak renyah dan manis. 

4. Kurma ruzeis

Bentuknya bulat dengan kulit coklat serta daging lembut dan kenyal.

Tip memilih kurma

1. Hindari membeli atau mengkonsumsi yang lengket karena itu menunjukkan sudah terjadi percampuran dengan gula. Semakin banyak gulanya, semakin lengket kurmanya

2. Pilih kurma yang berdaging buah utuh

Daging kurma yang berlubang berarti kutu dalam kurma tersebut sudah berkembang biak dan berhasil keluar dari biji. Artinya proses pengirimannya tidak baik.

3. Terdapat serbuk biji

Sebenarnya kurma sudah membawa kutu dari pohonnya. Maka jika pengiriman, penyimpanan, dan penyajian yang tidak baik membuat kutu berkembang biak. Serbuk-serbuk di antara buah kurma adalah bukti bahwa kutu dalam biji sudah berhasil tumbuh dengan sempurna

4. Jangan memilih daging kurma yang keriput

Kurma yang keriput menandakan bahwa ia sudah terlalu kering dan berkurang kandungan gizinya.

5 Manfaat kurma muda 

1. Kaya akan kandungan nutrisi penting.

Apabila dikeringkan kurma memiliki kandungan kalori lebih tinggi daripada buah kurma yang segar.

2. Punya konsentrasi antioksidan yang tinggi

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat sedikit. Terlepas dari kalori, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain jumlah besar serat.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Semakin bertambahnya usia, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang diperlukan pasokan beberapa mikronutrien yang cukup. Nutrien berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang karena kaya akan mikronutrien seperti; tembaga, magnesium, selenium, mangan, dan tembaga.

4. Membantu persalinan

Kurma sangat direkomendasikan untuk wanita hamil pada Minggu terakhir kehamilan sebab dapat meningkatkan pelebaran serviks dan mengurangi kebutuhan induksi persalinan dan dapat mencegah sembelit saat hamil.

5. Bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria karena mengandung hormon botosin dan oksitosin.


Gimana, yakin nih selama Ramadan aja gak mau rutin konsumsi kurma?


Referensi:

Buku Rahasia Khasiat Kurma
Buku Kurma bikin bugar






Baca Juga