Go green

Saat ini investasi menjadi perbincangan hangat dan keinginan yang menggebu-gebu bagi kebanyakan orang di dunia. Alasannya tentu saja untuk mempersiapkan kebutuhan tidak terduga di masa depan juga kenyamanan di hari tua serta untuk melindungi nilai aset. Salah satu varian paling populer dalam investasi saat ini adalah Mata uang kripto, dengan Bitcoin.

Sebenarnya Kripto awal katanya adalah cryptocurrency berasal dari kata cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa uang kripto adalah mata uang virtual yang dilindungi dengan kode rahasia untuk menjaga keamanan mata uang digital dengan kriptografi sehingga membuatnya hampir tidak mungkin dipalsukan atau dibelanjakan ganda.

Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode. Ada tiga kunci yang melekat dengan cara kerja mata uang kripto, yaitu digital, terenkripsi, dan desentralisasi. Hal inilah yang membuat kripto istimewa dan populer ketimbang instrumen investasi lain atau uang konvensional yang tetap dipakai di negara manapun. Karena memang kripto tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, sehingga secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi user manapun termasuk pemerintah. 

Kripto Uang Digital

Namun ada harga mahal yang harus dibayar dibalik kenyamanan itu, yakni kerusakan lingkungan. Lapisan dari kripto mengandalkan dan menciptakan emisi gas rumah kaca yang signifikan selain itu sistem kerjanya menggunakan komputer khusus untuk menyelesaikan algoritma yang semakin kompleks. Sehingga muncullah istilah rig penambangan, gudang rig penambangan Bitcoin beroperasi dalam 24 jam sehari. Artinya, penambangan ini menghabiskan lebih banyak energi, jumlah karbon dan limbah jadi meningkat. Sehingga menambah masalah krisis iklim di dunia dan berakibat fatal pada lingkungan.

Jika berkaca pada Amerika serikat, Indeks Konsumsi Energi Bitcoin Digiconomist memperkirakan bahwa satu transaksi Bitcoin membutuhkan 1.544 kWh untuk diselesaikan, atau setara dengan sekitar 53 hari daya untuk rata-rata rumah tangga di sana. Biaya rata-rata per kWh di Amerika adalah 13 sen. Itu berarti transaksi Bitcoin akan menghasilkan lebih dari 200 dolar AS dalam tagihan energi.

Hal ini diresahkan oleh beberapa negara termasuk Indonesia. Sehingga berdasarkan kekhawatiran yang bisa mempengaruhi jangka panjang kehidupan manusia generasi berikutnya itulah, akhirnya kini muncul token dengan istilah Eco friendly yaitu token ramah lingkungan yang kedatangannya tidak merusak lingkungan mulai dari pembuatan dan bahan produksinya yang kini hadir di Indonesia sebagai solusi sekaligus inovasi uang digital. Contohnya disebut Alam Hijau Anagata (AHA TOKEN) Sebagai satu-satunya Token yang ramah lingkungan dan menjadi pertama serta terbesar di Indonesia dalam memberikan aksi nyata mengawasi transisi pada energi-energi dalam setiap projeknya seperti perdagangan karbon, pengolahan udara, konservasi pengelolaan air atau entitas alam lain yang memiliki potensi bisnis. 

Beberapa keunggulan dari AHA TOKEN dibanding dengan token uang digital lainnya di Indonesia yaitu; 

  • AHA Token diperdagangkan dengan Token dan Koin yang stabil

Harga token AHA dijual dengan harga yang tidak terlalu fluktuatif di pasar. Transaksi yang digunakan mudah, aman, dan bersifat rahasia. Dan setiap transaksinya terhubung dengan sistem yang terdesentralisasi.

  • Biaya transaksi token AHA dibilang cukup kecil

Cukup 6% biaya yang perlu dikeluarkan dalam setiap transaksi dengan perincian 3% untuk refleksi ke pemegang lain, 2% untuk dana amal, dan 1% untuk pemeliharaan sistem.

  • Produk Proyek AHA TOKEN

Token AHA akan segera meluncurkan sebuah produk game yang tujuannya untuk mendukung gerakan penanaman pohon di beberapa wilayah dimana sudah tersedia konsep produk NFT yang akan melibatkan banyak komunitas dan pegiat go green. Tentu saja ini menjadi cahaya yang perlu diapresiasi oleh banyak pihak demi terwujudnya bumi tetap sehat dan nyaman digunakan oleh generasi selanjutnya.

Adapun harga 1 token AHA saat ini dipatok 0.0035 BUSD. Token kripto yang resmi diluncurkan Desember 2021 lalu sedang menurut jadwal yang baru, Kripto dalam tahapan pre sale sudah dimulai sejak 1 Maret 2022 hingga 20 April 2022. Sedangkan public sale token sudah dibuka mulai 22 April 2022.


Referensi:
cnbcindonesia.com
Merdeka.com
Infokomputer.grid.id
Republika.co.id
Penalis.com
Baca Juga