Apakah kamu diberi kepercayaan untuk menjadi MC atau moderator pada suatu acara? Tapi tidak tahu bagaimana cara mudahnya agar bisa tampil maksimal dan profesional?

Review Buku Semua Bisa Jadi MC Asal Tahu Caranya Karya Maya Rachmawaty, S.Pt.,M.Sc. akan membantu untuk memiliki keberanian yang cukup untuk tampil di depan umum. Gemetar, takut dan cemas yang menghantui bisa dikendalikan asal mau memenuhi syarat untuk mencoba tampil di depan khalayak  karena sebenarnya, semua bisa menjadi MC dan moderator asal tahu caranya.

Apalagi kemampuan public speaking yang bagus, bukanlah karena keturunan namun karena menikmati proses dengan berlatih secara intens, dan mengambil kesempatan saat ada peluang.

Public speaking

Setiap manusia yang lahir, sama-sama memulai kehidupan yang kosong, berbicara yang terbata-bata hingga bisa tampil memukau di depan ratusan bahkan ribuan lebih. Semua itu bisa terjadi  karena sering terbentur dengan proses hingga akhirnya membentuk pribadinya dengan kemampuan yang tidak semua orang bisa miliki.

Untuk itu, menjadi MC atau Moderator adalah salah satu cara agar bisa tampil di depan umum tanpa gugup dan membaca buku karya Maya Rachmawaty, S.Pt.,M.Sc. akan menjadi pedoman untuk praktik secara benar. Terlebih penulis sudah cukup kompeten dengan pengalamannya.

Judul ; Semua Bisa Jadi MC Asal Tahu Caranya

Pengarang ; Maya Rachmawaty, S.Pt.,M.Sc.

Penerbit ; CV. Nas media pustaka

Tahun Terbit ; 2022

Jumlah Halaman ; 123 halaman

Hal yang menarik dari buku ini selain penjelasan yang ditulis secara detail oleh penulis mulai dari teknik dasar public speaking seperti; mengenal jenis suara, pernafasan diafragma (terdapat ilustrasinya juga), gesture dan lainnya. Serta tips dalam mengendalikan rasa gugup dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada juga teori tentang MC untuk acara formal, informal beserta contoh naskahnya pun dengan MC bahasa Inggris yang kemudian bisa kita sesuaikan sendiri. Dilengkapi juga cara menjadi moderator dan etika bagi seorang MC dan moderator.

MC dan Moderator

Dalam buku ini, penulis juga menekankan untuk bersikap profesional dan membiasakan menggunakan bahasa yang benar sesuai KBBI saat memiliki tanggung jawab terhadap acara. Untuk itu penting untuk mengetahui beberapa hal yang harus dihindari dan dilakukan saat memandu acara;

a. Tidak menggunakan cue card atau meski menggunakan tapi malah digabung menjadi satu. Padahal, idealnya cue card terpisah dari satu halaman ke halaman lainnya sesuai dengan teks yang dibutuhkan terlebih dahulu.

b. penggunaan frasa “yang terhormat” berkali-kali padahal harusnya sekali untuk menyebut tamu kehormatan yang paling tinggi saja, sedang yang lain menggunakan frasa “yang kami hormati” boleh dipakai untuk menyebut tamu undangan yang lain hingga berkali-kali.

c. Tidak perlu menggunakan sapaan “bapak/ibu/saudara” jika nama seseorang diawali dengan gelar begitu pun sebaliknya.

Bukan

Bapak Professor Adi Gunawan

Tapi

Professor Adi Gunawan

Bukan

Aminah sunahra, M.Pd

Tapi

 bapak Aminah sunahra, M.Pd

d. Nama jabatan tidak perlu diberi sapaan bapak/ibu/saudara.

Bukan

Selamat datang kepada bapak menteri keuangan republik indonesia ......

Tapi

Selamat datang kepada menteri keuangan republik indonesia ........

e. Ketika menyapa tamu undangan harus yang paling tinggi jabatannya namun untuk memberikan sambutan dari yang paling rendah jabatannya.

Demikian review singkatnya, jangan lupa untuk diterapkan ya! Namun, jika pembaca ingin mengetahui lebih dalam terkait cara sukses untuk lebih bisa tampil profesional, langsung saja baca bukunya ya soalnya memang masih banyak sekali hal penting yang harus diketahui.

Oh ya, buku ini aku dapatkan melalui e commerce orange  dengan IDR 85K beda sama ongkirnya hehe.

Baca Juga