Akhir tahun dan awal tahun adalah momen yang pas untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga ya. Apalagi, kalender merahnya lebih banyak berdempetan. Namun tahun-tahun terakhir ini biasanya tiap tahun baru selalu sendu akhirnya liburannya kurang dinikmati. 

Liburan Keluarga


Untuk itu, agar liburan tetap aman, nyaman dan tenang. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan terutama yang lebih senang jika waktu liburannya berkegiatan di luar ruangan.

1. Tentukan tujuan liburan

Tujuan liburan penting dipilih paling awal. Mau liburan dalam kota atau di luar kota, mau kegiatan outdoor seperti renang, mendaki, atau kegiatan indoor seperti ke mall, atau bakar-bakar di rumah saja.

Jika keluar kota maka pastikan persiapannya lebih matang begitu pula dengan segala kebutuhan selama liburan dan kembalinya nanti.

2. Cuaca bersahabat

Pastikan saat akan liburan, cuaca dan tema liburannya satu frekuensi yaaa atau bersahabat. Misal mau camping di pegunungan maka cuacanya harus terang atau mau ke pantai sambil menginap di villa yang disediakan.

 

3. Ajak teman atau kerabat

Liburan rame-rame tuh asik banget bin seru ketimbang Cuma seorang diri atau berdua saja. Main permainan seperti truth or dare, memanah, agenda masak-masak dan foto bersama akan jadi kenangan manis dengan teman atau kerabat. Hubungan pun makin solid.

 

4. Bawa pakaian dan kebutuhan secukupnya

Membawa pakaian dan kebutuhan lainnya harus dipersiapkan dengan baik dari awal agar tidak banyak yang ketinggalan. Terutama outfit yang pantas sesuai dengan agenda liburan. Misal kalau mau renang, pakai 1 set baju renang atau kaos yang nyaman. Gak mungkin kan renang pakai kebaya atau jubah hehe. Kalau mau naik gunung, berarti perlu bawa jaket tebal, kaos kaki dan topinya bukan sweeter apalagi kaos oblong.

Selain itu, obat-obatan basic seperti freshcare, minyak kayu putih,obat merah, minyak telon dan lainnya.

 

5. Bawa makanan secukupnya

Membawa makanan baik siap saji atau tidak, sangat diperlukan. Entah makanan khusus untuk kondisi tertentu seperti anak MPASI atau snack dan roti khusus mengganjal selama perjalanan.

Apalagi ya Kira-kira yang perlu dipersiapkan? Boleh spill pada kolom komentar yaa!


Baca Juga