"Dunia ini adalah sebuah buku, dan bagi yang tak berpetualang, maka dia hanya membaca satu halaman saja" ~unknown

Hello Traveller..
Bulan pertama di tahun baru, sudah menjelajahkan kaki kemana saja nih?
Semoga kita bisa mengitari kecantikan dan keberagaman Indonesia lebih jauh lagi ya. Aamin.

By the way, Travelling itu makin asyik kalau rame-rame dan meninggalkan jejak kebaikan bukan? Nah atas seizin semesta, perjalanan kali pertama  berkelana jauh dari pulau garam hingga pulau pisang dari Jawa timur menuju Sumatera dapat terlaksana dengan baik bersama Banana Adventure yang  merupakan salah satu kegiatan Banana Pirates bernama Sosio Travelling melibatkan volunteer dalam aksi projek sosial. Nah udah kelihatan ya perjalanan ini tidak hanya berkelana menikmati pesona Indonesia namun juga mengabdikan diri kepada masyarakat dan memberi dampak kepada sekitar.

 "It feels good to be lost in the right direction" ~unknown


Banana Adventure 2

Sempat galau 
Sejujurnya hati sempat mengkerut karena rasa takut. Setiap kali berpamitan kepada keluarga, kakak senior, kawan, bahkan saat memberi tahu tujuan kepada driver angkutan. Selalu memberikan respon yang sama. Lampung, tepatnya Raja Basah sebagai  titik kumpul peserta dan panitia menjadi momok yang mengerikan.  paling tidak aman, brengsek, dan dikhawatirkan diri ini akan hilang. Setelah acara selesai dan tiba  di rumah,  penasaran masih meluap-luap. Saya pun googling. Hasilnya  pemerintah setempat sudah lama meningkatkan keamanan dan sekarang tinggal isu yang tak berkesudahan.

Manfaat socio Traveling
Kenikmatan yang hakiki bukankah yang bisa berbagi segala rasa? Senang, panik, kenyang, dan ilmu baru?
Nah begitulah socio Traveling, seperti one package gitu.
Bisa kenal peserta & panitia dari berbagai asal,  kampus, dan jurusan. Kemudian, saling menjaga, mengingatkan, merangkul, dan memeluk. Ah moment kebersamaan yang manis.

 "Aku jatuh cinta dengan deretan kota yang belum pernah kudatangi dan pada orang yang belum pernah kutemui" ~unknown

Perjalanan pulang

Menyapa dengan inspirasi
Yang paling berkesan tentu jika memberi senyuman di bibir orang lain. Kegiatan yang kami lakukan selama di sana salah satunya;
a.  Mengajari anak SD tentang berbagai macam profesi & para pahlawan. Harapannya tentu menyalakan lilin dalam hati mereka, bahwa orang kepulauan sangat berhak menjadi apa saja dan bukan itu saja. Meski mereka masih agak kesulitan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.
SDN 91 Pulau Pisang

b. Penyuluhan UMKM
Pulau pisang adalah penghasil dan pelaku kain tapis (khas Lampung Sumatera) dengan harga 1 sarung bisa hingga 4 jutaan. Harga di luar melalui tangan ke tangan bisa hingga 8 jutaan. 1 kopiah 250.000, kain permeternya 22.000-30.000 tergantung benang tapisnya. Penyuluhan itu diberikan agar mereka paham memanfaatkan gadget  dan dapat memasarkan produknya secara digital. Dengan begitu tidak terlalu banyak tangan kepada konsumen dan pengrajin tidak stagnan. Kain tapis yang cantik ini dirajut menggunakan benang emas dari India.

Kain tapis dengan benang emas

c. Clean up action
Berbaur dengan masyarakat membersihkan pantai.


d. Pembuatan gardu wisata
Pembuatan gardu wisatak digunakan untuk memudahkan akses para wisatawan dalam mengenal pulau pisang.

Pra pemetaan antara kelompok

Filosofi Pulau Pisang
Menurut informan dan penghuni setempat, penamaan pulau pisang tersebut karena dari darat terlihat seperti pisang. Disisi lain, karena pulau tersebut juga dihuni oleh banyak monyet.


Keadaan pantai pulau pisang
Pulau Pisang dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi yang terletak di Kabupaten
Pesisir Barat, Provinsi Lampung, karena memiliki keindahan pulau yang mempesona.
Selain keindahan laut birunya, pulau ini juga menawarkan keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut yang cantik serta sekumpulan atraksi lumba-lumba  berenang bebas di lautan.
Secara geografis, pulau kecil ini hanya memiliki luas sekitar 148,82 hektar. Pulau ini masih  sangat asri dan bersih.
Namun sayangnya karena cuaca yang kurang berpihak kami tidak bisa melihat keindahan bioata laut lebih banyak lagi.

Birunya laut pulau pisang

Snorkeling pun tidak bisa dilakukan di laut yang subhanallah cantik sekali bukan?


Nb: foto pertama hingga sebelum terakhir
merupakan jepretan panitia Banana Adventure 2
Baca Juga