Menjelang lebaran, biasanya pada hilir mudik ke toko kue untuk membuat aneka suguhan untuk sanak saudara, kerabat, dan sahabat yang berkunjung ke rumah. Momentum inilah, bermacam kudapan berjejeran penuh di meja ruang tamu. Berupa kacang jaipong, wafer, kacang sembunyi,  rengginang, usus krispi, nastar, kue salju, dan lainnya yang biasa kami dapatkan setiap tahun di toko aneka makanan ringan untuk mengejar praktis.

Tapi lebaran kali ini akan berbeda. Semenjak pandemi menyerang dan harus mematuhi peraturan pemerintah untuk #stayathome dan #workformhome membuat sebagian orang termasuk keluarga saya jadi seret pemasukan. Tanpa mengurangi moment ramadan dan lebaran pada biasanya, membuat sendiri suguhan di atas membuat saya pribadi menjadi produktif saat di rumah saja terlebih sudah hampir dua bulan tidak berkegiatan jauh dari rumah menjadi alternatif penghilang rasa jenuh bin bosan.

Karena saya typical orang yang tidak suka ribet, cokelat kacang menjadi incaran untuk segera di buat. Bahan-bahannya sangat pasaran dan tidak membutuhkan tenaga ekstra hingga bercucuran keringat apalagi bercucuran darah hehehe. Cukup beberapa menit saja, santapan lezat dan cantik ini dapat membuat mata berkaca-kaca. Nah buat Emmak dan siapapun yang tidak terbiasa nge-dapur termasuk saya😁 kalau ini berhasil pasti girang dan jadi pengen coba lagi dan lagi resep lainnya.


Bahan bahan:
- 1 batang cokelat (boleh lebih jika ingin memperoleh hasil lebih banyak)
harga berkisar mulai dari Rp. 17.000
- kacang tanah semangkuk kecil (dapat menyesuaikan selera)
1/2 kg seharga Rp. 12.000
- cup
Per 25 biji seharaga Rp. 1000
- sprinkel
1/4 seharga Rp. 3000

Cara membuat:
- sangrai kacang terlebih dahulu sampai mengeras jika di gigit. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang, tunggu 4 menit agar kacang tidak panas kemudian lepas kulitnya dengan cara gosok-gosok menggunakan kedua tangan.
- masukkan batangan cokelat ke dalam panci dengan api kecil dan aduk terus sampai meleleh
- matikan kompor
- masukkan kacang yang sudah di sangrai ke dalam panci berisi cokelat yang sudah meleleh dan aduk hingga semua kacang tertutup cokelat
- tuangkan cokelat tersebut ke dalam cup menggunakan sendok kecil
- setelah selesai, taburkan sprinkle di atas cokelat kacang tersebut.
- dan.. Selesai kini tunggu hingga kacang cokelat mengeras hingga siap di kemas.

Gimana, mudah sekali bukan?


Manfaata cokelat dan kacang
Dikutip dari jurnal kementerian  perindustrian bahwa Cokelat mengandung polifenol yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas juga mengurangi kolesterol pada darah hingga mengecilkan kemungkinan terserang penyakit jantung, juga berguna membunuh tumbuhnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke, dan tidak menyumbat pembuluh darah.
Sedangkan kacang, dikutip dari jurnal Litbang pertanian mengandung protein 26-28% lebih tinggi dari pada telur, susu, dan daging. Kemudian menyimpan energi lebih lama karena mempunyai indeks glisemik rendah dan mengandung vitamin dan esensial yang tinggi yang diperlukan oleh tubuh seperti; vitamin E sebagai perlindungan sel jaringan badan dari kerusakan, fosfor sebagai perbaikan dan pertumbuhan tulang dan gigi, niasin sebagai pelepasan tenaga, susunan serat dan berbagai manfaat lainnya.

Hati-hati dan wasada
Meski cokelat dan kacang memiliki banyak manfaat tapi sebagai konsumen tetap harus hati-hati dalam memilih bahan-bahan berkualitas sebab jika mengkonsumsi bahan bermutu jelek dapat berakibat fatal pada kesehatan. Dan saat mengkonsumsi makanan apapun hendaklah jangan berlebihan sebab Allah tidak menyukainya. Selain terlihat rakus juga mengandung kemudaratan bagi hambaNya.
~happy trying❤


Baca Juga