Ada 3 kebutuhan yang mulai manusia lahir hingga meninggal melekat pada dirinya. Yaitu sandang, pangan dan papan. Sandang merupakan kebutuhan pokok manusia berupa pakaian, pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang berkaitan dengan makanan dan minuman, sedangkan papan merupakan kebutuhan pokok manusia yang berkaitan dengan tempat tinggal.

Untuk menjalani sebuah kehidupan yang aman dan nyaman, manusia perlu memenuhi ketiga kebutuhan pokok tersebut. Kebutuhan pokok berupa sandang dan pangan relatif mudah didapatkan dan terpenuhi, namun berbeda halnya dengan kebutuhan pokok berupa papan atau hunian.

Jika memiliki tempat tinggal yang baik, maka baik pulalah masyarakat Indonesia untuk itu, hunian atau tempat tinggal yang baik akan menjadi tolak ukur baik dan pantas pula kebutuhan sandang dan pangan untuk dirinya.

Selain itu, memiliki hunian yang nyaman dan aman adalah dambaan seluruh orang. Akan tetapi saat ini kerusakan lingkungan di negara kita tercinta, Indonesia sering kali terjadi akibat meningkatnya populasi penduduk yang tidak terkendali sehingga ruang kota menjadi sempit dan terhimpit kemudian persoalan hidup banyak bermunculan.

Permukiman menjadi padat dan kumuh akibat ketidakseimbangan kualitas hidup. Kriminalitas, kemacetan lalu lintas yang terus meningkat sehingga memberi warna kelabu setiap harinya.

Belum lagi persoalan banjir yang menghadang jalan kota, genangan air yang cukup mengganggu di jalan strategis sehingga kesehatan, rasa nyaman, dan aman dalam hidup tidak benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Untuk menaikkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik, diperlukan aksi nyata berupa livable city sebagai sebuah solusi berupa tempat tinggal yang layak huni dengan memiliki lingkungan dan suasana yang nyaman, memudahkan segala akses penting namun tetap menjaga lingkungan sehingga impian memiliki  tempat tinggal yang aman dan nyaman dari kegiatan sehari-hari sebagai makhluk sosial bukanlah ilusi semata.

Livable City Sebuah Kota Impian Masyarakat

Para ahli mendifinisikan bahwa livable city yaitu sebuah kota yang mampu memberikan kualitas hidup yang layak dihuni oleh  masyarakat yang tinggal didalamnya. Dengan memperhatikan tidak hanya kenyamanan dari luar pun juga dari dalam.

Predikat kota layak huni dapat diukur dari beberapa indikator seperti; livability, aksesibilitas infrastruktur seperti transportasi, air bersih, sanitasi, perumahan yang layak, udara bersih, ruang hijau, tempat beribadah yang toleran serta lingkungan yang nyaman untuk ditinggali.

Kota layak huni dapat dilihat dengan bertumpu pada empat pilar nilai dasar kota, yaitu:

  • Kota yang dapat meningkatkan sistem kesempatan hidup menuju kesejahteraan masyarakat.
  • Tersedianya lahan pekerjaan dan penghidupan yang berarti yang meliputi pendapatan dan pemenuhan kebutuhan hidup.
  • Sebuah lingkungan yang aman dan bersih akan terpenuhinya nilai kesehatan dan kesejahteraan dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi.
  • Good governance dibutuhkan dalam pembentukan kota layak huni yang merupakan upaya nyata politik dan publik yang tidak hanya melibatkan pemerintah saja tetapi juga keterlibatan masyarakat dan sektor kepentingan umum. Diperlukan good governance yang inklusif, partisipasif, menerapkan kemitraan dan transparansi.

Livable city menyediakan akses yang setara terhadap kebutuhan hidup seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pendidikan serta lingkungan kerja.

Untuk mencapai kota impian sebagaimana disebut di atas, diperlukan bermitra dengan orang atau perusahaan yang memiliki visi dan misi untuk membangun masyarakat Indonesia yang lebih baik. Dimana setiap gagasannya memenuhi standar IAP Indonesia atau Ikatan Ahli Perencanaan sehingga kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat dapat diraskan.

Sinar Mas Land Sebuah Solusi untuk Permasalahan Indonesia

Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City dimana bergerak dibidang pengembangan properti terbesar dengan diversifikasi proyek paling beragam di Indonesia. Perusahaan ini terkenal kaya akan pengalaman di bidang pengembangan properti yang telah dipupuk selama lebih dari 40 tahun.

Sinar Mas Land
BSD Green Office Park 9

Sumber gambar : Radar Banten

Perusahaan pengembang Sinar Mas Land telah menerapkan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh proyek properti yang dibangun. Mulai dari gedung hingga hunian perumahan. Setiap proyek yang dikelola oleh Sinar Mas Land memiliki kepedulian terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan mengembangkan livable city yang disalurkan pada 4 pilar sebagai konsep pembangunannya yaitu: Live, Learn, Work, and Play.

Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.

Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.

Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial.

Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.


Proyek-proyek yang Telah Dijalankan oleh Sinar Mas Land

Saat ini terdapat enam proyek green building milik Sinar Mas Land yang telah tersertifikasi, yaitu BSD Green Office Park Area, Sinar Mas Land Plaza Thamrin, Sinar Mas Land Plaza BSD City, My Republic Plaza BSD City, Green Office Park 1 BSD City, dan Green Office Park 9 BSD City.


BSD City, Salah Satu Hunian Favorit Persembahan  Sinar Mas Land

BSD City
BSD City

Sumber gambar : e catalog.sinarmasland.com


Hunian yang nyaman dengan menerapkan konsep livable city dihadirkan dan dikembanoleh Sinar Mas Land untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik dan bisa menjadi tempat tinggal impian nanti untuk para kaula muda agar semangat dalam belajar dan bekerja hehe.

Penawaran terbaiknya adalah menjadi hunian dengan fasilitas terlengkap. Mulai dari kebutuhan paling dasar seperti primer, sekunder hingga tersier dengan jarak tempuh kurang dari 10 menit. Salah satu fasilitas utamanya ada rumah sakit, pusat perbelanjaan dan hiburan, sekolah, rumah ibadah, hingga pasar modern. 

Selain dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, BSD City juga memiliki akses yang mudah sehingga sekalipun bekerja di ibukota tidak jadi persoalan. Sebab, akses ke BSD City terbilang cukup mudah dengan banyaknya pilihan jalan tol dan transportasi umum. Bahkan saat ini Sinar Mas Land tengah mendirikan proyek TOD (Transit Oriented Development) agar semakin memudahkan proses transportasi.

For your information, TOD ini merupakan proyek pengintegrasian beberapa moda transportasi publik dengan pengembangan hunian agar memudahkan akses warga pinggir kota menuju Ibukota maupun sebaliknya. Selain itu ada juga beragam pilihan akses tol yang masih akan terus mengalami pembangunan hingga dapat menjangkau berbagai titik di Jabodetabek.

Kelebihan lainnya yaitu BSD City memiliki  lokasi strategis karena berada di pinggiran Ibukota Jakarta namun berada tidak terlalu jauh sehingga cocok untuk menghindari kemacetan Ibukota. Secara tata letak pun BSD City masih berada di dalam area administratif Tangerang Selatan, salah satu wilayah paling berkembang di Provinsi Banten.

Yang gak kalah pentingnya nih, harga properti stabil dan tidak bikin jebol kantong namun tetap mengutamakan kualitas yang gak kaleng-kaleng. Cocok banget buat jadi investasi di masa depan. Apalagi, Sinar Mas Land juga menyediakan beragam pilihan cara pembayaran yang dapat memudahkan para kalangan muda yang ingin memiliki properti di BSD City.

Baca Juga