bencana alam


Salah satu bencana alam yang mengerikan dan sering terjadi di Indonesia adalah banjir bandang. Jenis banjir ini tidak biasa seperti biasanya yang hanya meluap menggenangi permukiman. Namun banjir bandang merupakan bencana alam yang sangat merugikan. Ia terjadi secara tiba-tiba dengan durasi relatif singkat namun dahsyat, mampu membawa material dengan mudahnya. Siapa yang bertugas mencegahnya? Kita semua!

Banjir bandang, mampu menyeret apapun yang dilewati seperti; sampah, lumpur, kerikil, batu hingga pepohonan bahkan manusia juga bisa terseret. Ngeri banget gak sih, kalau ini terjadi. Apalagi bulan november ini menurut BMKG akan menjadi bulan hujan hingga kedepan.

Pencegahan banjir bandang adalah tugas kita semua! peristiwa merugikan harta dan jiwa manusia tidak boleh terjadi lagi. Cukup jadi sejarah saja. Untuk itu perlu aksi nyata antara pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi banjir bandang karena memang ini tugas kita bersama.

Membuang sampah sembarangan dan penggundulan hutan serta penebangan pohon secara liar adalah pemicu utamanya. Sehingga saat terjadi hujan lebat, air tidak diserap oleh bumi.

Tanda-tanda akan terjadi banjir bandang

Banjir bandang memang terjadi tiba-tiba namun bukan berarti tidak dapat diprediksi kedatangannya. Beberapa tanda-tandanya seperti;

a.    Air sungai berubah warna menjadi keruh. Air sungai yang semula jernih menjadi keruh secara tiba-tiba. Untuk itu, menjauhi area sekitar sungai adalah pilihan yang tepat.

b.    Banyak ranting pepohonan maupun sampah yang mengalir di sungai.

c.    Dibagian hulu sungai terlihat langit yang berwarna gelap. Hujan yang lebat di daerah hulu sungai berpotensi terjadinya banjir bandang.

Upaya pencegahan banjir bandang

Aksi pencegahan bencana banjir bandang, perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari datangnya yang tak pernah diharapkan. Untuk mencegah lingkungan yang kita tinggali tidak terdampak banjir bandang, kolaborasi antar pemerintah dan masyarakat setempat perlu ditingkatkan agar kerugian, jatuhnya korban jiwa, hilangnya harta benda, dan rusaknya fasilitas umum dapat terhindari.

Upaya pencegahan banjir bandang untuk masyarakat adalah:

  • Membuang sampah pada tempatnya dimanapun kaki berpijak
  • Tidak melakukan penebangan hutan secara liar agar tidak merugikan semua
  • Menanam pohon atau tanaman di lingkungan tempat tinggal
Upaya pencegahan banjir bandang bagi pemerintah adalah:

  • Melakukan aksi penghijauan ketika hari jadi kota atau saat menggelar event tahunan.
  • Mengatur tata kota sebaik mungkin
  • Membuat sistem drainase atau pengairan sebaik mungkin
  • Membuat saluran air bawah tanah

 

Kira-kira apalagi aksi yang perlu dilakukan?

 Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge 30 DOP Ibuku Conten Creator.

 

Referensi:

https://pusatkrisis.kemkes.go.id/cara-mencegah-lingkungan-terhindar-banjir-bandang

Buku Nilai Viskositas Aliran Sungai Sebagai Salah Satu Indikasi Potensi Banjir Bandang

 

 

  

Baca Juga