Oviroro.com Ternyata mata juga bisa pegel lohh akibat mata kering. Gejala Mata Kering umumnya sering kali menimpa kepada orang yang beraktivitas di depan layar gadget dengan rentan waktu yang cukup intens setiap harinya. Selain itu berada dalam ruangan ber-AC bahkan membaca buku dengan konsentrasi yang tinggi juga salah satu aktivitas yang memberi resiko mata kering jika tidak segera diatasi.

Jadi, jika seseorang membaca sekaligus menatap layar gadget di ruangan ber-AC maka pasti dengan mudah terindikasi cepat sepet matanya. Jika tidak segera diatasi akan menimbulkan resiko tidak nyaman di mata, aktivitas jadi tersendat bahkan parahnya bisa membahayakan kesehatan mata.

Apalagi mata adalah bagian terpenting dalam hidup manusia dan salah satu panca indra yang harus dijaga sebelum bermunculan drama ini itu nantinya.

Gejala dan Aktivitas Penyebab Mata Kering 
Tahu enggak sih, kalau mata kering, pertanda mata sedang kurang baik. Biasanya mata akan reflek memberikan tanda seperti mata terasa sepet atau mata terasa perih, nyut-nyutan, pegel karena mata melek terus dalam waktu yang cukup lama tanpa diistirahatkan dengan semestinya.


Penyebab mata kering dengan rasa sepet atau pegel dikarenakan terlalu lama menatap layar komputer atau gawai. Biasanya hal ini sering dialami oleh para pekerja kantoran, konten kreator, penulis dan lainnya.

Kondisi mata kering juga bisa lohh dialami oleh orang yang mengendarai kendaraan dengan jarak yang cukup jauh. Contohnya, kurir, ojek online, dan para pekerja yang perlu menempuh waktu cukup lama karena jarak yang lumayan jauh dari rumah menuju tempatnya bekerja apalagi sampai PP (pulang-pergi) setiap harinya.

Selain itu, penyebab mata kering lainnya bisa menimpa kepada orang yang melihat cahaya terlalu terang secara langsung. Entah cahaya dari gadget, senter atau lainnya.

Mengenali Penyebab Mata Kering 
Pelumas mata



Dikutip dari alodokter, mata kering adalah kondisi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan bisa merusak lapisan bening di bola mata yang berakibat pada gangguan penglihatan.

Sejatinya, air mata terdiri dari air, garam, minyak, lendir, dan protein. Fungsinya adalah untuk melumasi dan membuat permukaan mata tetap halus. Air mata juga berperan melindungi mata dari benda asing, unsur yang mengganggu, atau kuman penyebab infeksi.

Namun akibat mata kering maka pelumasan yang biasanya sudah otomatis keluar dari mata, tidak dapat bekerja dengan semestinya. Untuk itu harus diberi pelumas buatan dan membiasakan untuk tidak memforsir mata bekerja lebih keras terus menerus dari yang seharusnya.

Cara mengatasi mata kering, mata pegel, dan mata sepet

Jika sudah ada indikasi bahwa mata sedang lelah namun tuntutan pekerjaan harus segera diselesaikan maka ada beberapa cara agar kondisi kesehatan mata cepat membaik dan jauh dari drama mata.

Mengenakan kacamata khusus

Mengenakan kacamata khusus untuk kegiatan yang inten dalam waktu yang cukup lama seperti menatap layar gadget atau buku.

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Dikutip dari Siloam Hospitals, ada 10 makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata yaitu: sayuran hijau, wortel, telur, jeruk, daging sapi dan ayam, ubi jalar, yogurt, ikan, kacang-kacangan dan alpokat. Lalu sudahkah kita masukkan 1-2 menu minimal dalam menu makanan kita setiap harinya?

Sleep mode eyes

Sleep mode eyes adalah memberikan waktu kepada mata untuk istirahat entah dengan tidur siang atau menjauh dari layar hp dan komputer 1-2 jam 
d. Jika dari pagi-sore sudah diforsir untuk intens menatap layar gadget maka diusahakan pada malam hari totally off.

Jaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri dan hindari menyentuh mata dengan tangan yang belum dicuci dengan air dan sabun.

Olahraga secara teratur

Lakukan aktivitas fisik setidaknya 30
menit setiap hari, seperti berjalan kaki,
berlari, berenang, atau bersepeda.
Olahraga membantu menjaga kesehatan
jantung, meningkatkan kekuatan otot, menjaga berat badan yang sehat dan menghindari polusi mata.

Menggunakan obat tetes mata

Tetes mata adalah obat untuk mata kering. Terdapat kandungan artificial tears atau air mata buatan dalam obat tetes mata. Seperti INSTO DRY EYES sebagai #SolusiMataKering.

Insto dry eyes



#InstoDryEyes adalah tetes yang berfungsi sebagai pelumas mata. Ia memiliki kandungan zat aktif Hydroxypropyl Methyl selulose dan Benzalkonium Chloride, yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata sehingga mata tidak lagi kering.

Referensi: 
https://www.alodokter.com/mata-kering

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/makanan-untuk-kesehatan-mata


Baca Juga