Sebelum anak lahir, orangtua sudah memikirkan banyak hal. Mulai dari nama, pakaian, keranjang tidur khusus, akankah melibatkan nanny atau tidak, pemberian sufor atau ASI hingga pemilihan pospak atau clodi yang bikin dilema.

Pasalnya maraknya pengguna popok sekali pakai (pospak) memiliki efek tidak ramah lingkungan, boros, namun travel friendly dan tidak ribet untuk selalu nyuci tiap saat. Sedangkan Clodi (cloth diaper) selain ekonomis untuk jangka panjang, lebih sehat terhindar ruam namun harus selalu segera mencucinya agar stok tetap aman dan pada kain tidak berubah warna akibat feses.

Untuk itu jika mom prefer menggunakan clodi, berikut beberapa rekomendasi merk clodi yang bagus sesuai pertumbuhan anak agar tetap nyaman.

Clodi Nadnad perekat

Clodi Merk Nadnad perekat cocok dipakai oleh newborn karena pemasangannya lebih sat set.

Clodi merk nadnad


Clodi merk Nadnad hadir dengan dua pilihan. Varian katun, full motif dan varian PUL (polyurethane laminate), motif dibagian pinggang saja. 

Berikut spesifikasinya:

Outer (cover) menggunakan kain SBY sehingga kain lebih ringan, lebih lembut, motif full printing sehingga tidak mudah luntur.

Inner microfleece yaitu kain kaos adem sehingga tidak gerah.

Terdapat lapisan waterproof untuk menampung dan menyerap pipis pada bayi. Link pembelian

Clodi Baby Leon

Selain mengeluarkan baju, bedong, dan kaos tangan, Baby Leon juga mengeluarkan produk clodi tipe kancingan yang sama lembutnya. Menyediakan banyak pilihan motif bahkan polos.

Popok kain ramah lingkungan


Untuk outer dan inner menggunakan bahan fabric yang lembut, dan aman untuk kulit bayi. Sedangkan insentnya memiliki ketebalan 3 lapis bahan microfiber import, breathable, sehingga dapat menahan cairan cairan keluar namun tetap menjaga kulit bayi dapat bernafas dengan baik dan cepat kering. Ingin memilikinya? Klik ini


Clodi ALO Pants

Popok kain yang satu ini berbentuk celana. Cocok dipakai untuk anak yang sering lari-lari untuk sekedar pakai popok pun dengan baju dan ritual bayi setelah mandi pada umumnya (baca: pakai minyak telon, bedak, dan sisiran)

Popok kain eco friendly


Yang membedakan clodi merk ini dengan yang lain adalah lebih praktis tanpa membuka dan memasukkan insert karena sudah dijahit menyatu, memiliki daya tampung besar hingga 300ml, desain celana kancing depan untuk mengganti ukuran popok sesuai pertambahan usianya, bahannya lembut untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan bebas ruam. Link pembelian

Metode pencucian clodi

Striping adalah metode pencucian untuk mengembalikan performa clodi agar bisa seperti baru kembali.

Caranya cukup mudah. Yaitu dengan merendam clodi bersih didalam air hangat, bilas hingga tidak berbusa. Atau menggunakan baking soda dan cuka serta produk treatment khusus lainnya.


Mengapa menggunakan popok berbahan kain?

Cloth diaper adalah popok yang bisa digunakan berulangkali,hingga waktu yang cukup lama hanya dalam sekali beli. Penampilan Adjustable size untuk semua merk, dan memiliki nilai ekonomis, selain itu popok kain eco friendly ketimbang popok berbahan plastik yang sulit diuraikan.

Selain itu, tetap sehat dan anti ruam karena inner maupun outernya super lembut. Selain itu, celana kain yang sekarang memiliki banyak koleksi dan motif yang lucu.

Namun clodi ini hanya disarankan untuk dipakai sehari-hari di lingkungan rumah. Jika hendak bepergian, lebih baik menggunakan popok sekali pakai.

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge 30 DOP Ibuku Conten Creator.

 Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge 30 DOP Ibuku Conten Creator.

Baca Juga