Rekomendasi buku parenting




Dari sekian banyak buku parenting yang aku baca, sejauh ini 3 buku berikut menjadi terbaik sih sampai kapanpun. Artinya akan selalu cocok sebagai pedoman dan bekal untuk para orangtua tumbuh bersama anak.

1. Parent-Things: yang Terlewat dari Parenting

Buku pertama yang Menurutku wajib dibaca oleh anak muda dewasa sebelum menikah adalah buku karya dari Dhuha Hadiyansyah. Buku ini menasehati pembaca untuk  membangun keluarga dengan pondasi yang kokoh agar sistem fungsional seharusnya keluarga berjalan dengan semestinya.

Buku parenting


Ayah menjalankan peran sesuai fungsinya begitupula dengan ibu. Tolak ukur keberhasilan dalam parenting dilihat dari pernikahan dan keluarga yang kokoh, tidak ada yang disfungsi.

Buku ini berpesan agar tidak menjadi orangtua yang memanfaatkan klaim kedurhakaan untuk mengeksploitasi anak dan mengaku memberi cinta padahal sedang meracuni mentalnya karena anak tidak manut dengan segala keputusan orangtuanya.

Inti dari buku ini yaitu agar orangtua juga bisa introspeksi diri dalam menjaga sistem  hubungan keluarga dengan melibatkan anak dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan dirinya terutama soal jodoh. 

Ingin memiliki bukunya? beli di sini


2. Indahnya, Susahnya Jadi Ibu

Buku Indahnya, susahnya jadi ibu bisa jadi ide kado hadiah pernikahan untuk teman kita nih. Aku yakin, dia akan sangat senang.

Jadi buat  para perempuan yang sebentar lagi akan menyandang status sebagai mommy, tidak salahnya menghabiskan sedikit Waktunya untuk membaca buku ini demi kesehatan mental nantinya.

Apalagi buku ini ditulis oleh Grace Melia & Annisa Steviani dari sudut pandang working mom vs full time mom. Benar-benar mewakili banget deh!

Grace Melia & Annisa Steviani


Menariknya buku ini full color dan isinya tidak mendeteksi sama sekali akan tetapi memvalidasi kalau seorang ibu yang begini dan begitu, it's not a big problem. Sehingga antara pembaca dan penulis seolah-seolah sedang terlibat obrolan sehari-hari dan saling menguatkan. 

Ingin memiliki bukunya? Klik ini


3. Kenapa Allah Nggak Kelihatan, Ma? Menjawab 50 Pertanyaan Anak Seputar Agama


Nah buku yang wajib para emak dan para guru baca ketika akan menghadapi anak yang mulai aktif ngoceh dan kritis, ingin tahu banyak hal apalagi menyangkut soal agama, buku ini adalah jawabannya biar gak asal-asalan menjawab tentang Allah dan hal-hal rumit lainnya.

Apalagi pertanyaan yang diutarakan seputaran: tauhid, aqidah, ibadah, etika bersikap, hingga tentang kehidupan dan kematian. Buku ini wajib jadi pedoman nih. Apalagi buku ini ditulis oleh Sa'diah Lanre Said, pengasuh pondok pesantren putri darul huffadh sulawesi selatan sekaligus founder metode ACQ (Aku Cinta Al-Quran)

Buku Pertanyaan Anak Seputar Agama


Isi bukunya ditulis dengan model QnA antara anak dan penulis. Perumpamaan yang sang ibu sodorkan jawabannya dapat dengan mudahnya ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penjelasan ayat alqurannya juga diikutsertakan sehingga anak semakin yakin dengan jawaban dari ibunya.

Tertarik memiliki bukunya? Tap me

Sejauh ini apakah juga ada buku parenting terbaik versi kalian? Kindly let me know please

Baca Juga